KeislamanPendidikanUmum

Baru Pertama Kali ke Tanah Suci, Perhatikan Tips Umrah Ini

Selain untuk beribadah haji, Anda dapat pergi ke tanah suci Mekkah untuk beribadah umrah. Umrah sendiri sering disebut sebagai haji kecil dan dapat dilakukan kapan saja, berbeda dengan haji yang hanya bisa dilakukan pada bulan Zulhijah. Ibadah umrah ini bersifat sunah. Jika Anda belum pernah melakukan umrah dan berniat untuk melakukannya dalam waktu dekat, ada baiknya memperhatikan beberapa tips umrah agar ibadah Anda berjalan dengan lancar.

Ibadah umrah untuk pertama kalinya pasti akan membuat Anda bahagia sekaligus grogi. Namun, Anda tak perlu tenggelam dalam perasaan tersebut. Lakukan beberapa tips umrah ini supaya ibadah umrah berjalan dengan lancar dan penuh berkah:

Pilih Biro Umrah yang Tepercaya

Keberadaan beberapa biro umrah yang terbukti menyalahgunakan uang jemaah dengan skema Ponzi memang meresahkan. Hanya saja, hal tersebut tak perlu menjadi batu sandungan bagi Anda yang berniat untuk melaksanakan umrah. 

Agar tidak tertipu oleh biro umrah yang tidak bertanggung jawab, pertama-tama jangan tergiur harga yang terlalu murah. Harga standar paket umrah sesuai dengan regulasi Kementerian Agama adalah Rp20.000.000,00. 

Setelah itu, cek apakah biro tersebut sudah terdaftar di situs PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah) Kementerian Agama. Biro-biro yang terdaftar di sana mendapatkan pengawasan ketat dari Kementerian Agama dan tidak akan menggunakan sistem yang melanggar regulasi.

Pilih Paket Umrah

Ada berbagai jenis paket umrah yang ditawarkan oleh biro, misalnya seperti paket umrah saja, atau paket umrah yang dibarengi dengan wisata ke negara bernuansa Islam seperti Dubai atau Turki.

Semakin banyak tempat yang dikunjungi, harganya tentu akan semakin mahal. Namun, jika bujet Anda cukup, tidak ada salahnya memanfaatkan momen ini untuk sekadar wisata keluarga atau untuk lebih mengenal jejak-jejak Islam. 

Persiapkan Barang Bawaan, Jangan Berlebihan

Penting bagi Anda untuk mempersiapkan barang bawaan seteliti mungkin, apalagi jika Anda umrah bersama anak kecil atau bersama lansia.

Jangan lupa untuk membawa baju yang cukup, alat salat, pembalut (khusus untuk wanita), sunblock, colokan listrik yang sesuai dengan stop kontak Arab Saudi, dan tentu saja obat-obatan. Daftarkan juga kartu seluler Anda dengan paket data khusus umrah agar Anda tetap bisa berkomunikasi di sana.

Menukarkan Uang

Sebelum berangkat umrah, ada baiknya Anda menukarkan uang terlebih dahulu. Saat transit, Anda memang dapat menukarkan uang di money changer, tetapi hal tersebut akan sangat merepotkan.

Dengan menukarkan rupiah ke rial Saudi sebelum Anda berangkat, Anda tidak akan merasa kebingungan pada saat akan membeli sesuatu di tengah perjalanan umrah.

Persiapkan Mental 

Ada banyak orang yang mengatakan bahwa apa yang akan Anda alami di Masjidil Haram adalah apa yang Anda tuai dari perbuatan selama ini. Misalnya, apabila Anda gemar mempersulit orang, Anda bisa tersesat di Masjidil Haram. Sebaliknya, jika Anda adalah orang yang dermawan, akan ada banyak orang yang menawarkan bantuan.

Sebelum melakukan ibadah umrah, wajib bagi Anda untuk mempersiapkan mental. Tahan euforia dan ketakutan yang berlebihan. Pasrahlah kepada Allah SWT dan minta maaf  kepada orang-orang yang pernah Anda sakiti.

Selain itu, murnikan niat Anda pergi umrah hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari keinginan untuk pamer kepada orang lain.

Itulah beberapa tips umrah yang bisa Anda terapkan sebelum berangkat ke tanah suci. Jaga kesehatan dan iman, bulatkan tekad untuk berserah diri kepada-Nya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close