Keislaman

Berikut Ke 5 Cara Membaktikan Diri kepada Orang Tua yang Sudah Meninggal

Menjadi suatu kewajiban untuk berbakti kepada orang tua, meskipun mereka telah meninggal.  Kewajiban berbakti kepada orang tua akan menjadi amal saleh dan sebagai salah satu tiket menuju keberkahan dunia serta jalan menuju surga. Bagaimana caranya? Berikut merupakan penjelasan beberapa cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Mari disimak.

1.      Menunaikan Janji

Cara pertama untuk berbakti kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan cara menunaikan janji orang tua. Sebagai anak, sudah menjadi kewajiban untuk menunaikan janji yang dibuat oleh orang tua semasa mereka hidup.

Dalam hadis HR. Abu Daud nomor 5142 dan Ibnu Majah nomor 3664, diriwayatkan Abu Daud dari Malik bin Rabi’ah as-Saidi ra., datanglah seorang Bani Salimah untuk bertanya kepada Rasulullah saw., “Wahai Rasulullah, apakah ada bakti yang tersisa untuk kedua orang tuaku yang dapat aku lakukan setelah mereka meninggal?”

Rasulullah menjawab, “Iya. Mendoakan mereka, menunaikan janji mereka, menyambung tali silaturahmi yang pernah mereka lakukan, dan memuliakan teman mereka.”

2.      Melunasi Utang Orang Tua

Melunasi utang orang tua merupakan salah satu cara cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal. Jangan sampai utang yang dimiliki orang tua menjadi penghalang mereka untuk masuk surga. Oleh karena itu, sebagai seorang anak, kita dianjurkan untuk membayar utang tersebut.

Uang atau harta peninggalan orang tua dapat digunakan untuk melunasi utang sebelum harta tersebut dibagikan kepada ahli waris. Allah Swt. menjelaskan dalam firman-Nya, Surah An Nisa Ayat 11,

“(itu dilakukan) setelah ditunaikan wasiat dari harta atau setelah ditunaikan utang.”

3.      Mendoakan Orang Tua yang Telah Meninggal

Sudah menjadi kewajiban dan bakti seorang anak untuk mendoakan orang tua yang telah meninggal. Apalagi doa-doa yang dikirimkan berasal dari anak-anak yang saleh. Doa ini menjadi amal yang tidak akan terputus dan terus mengalir sampai ke alam kubur jika dilakukan.

Dalam hadis yang diriwayatkan Abu Huraiah, Rasulullah saw. bersabda,

“Ketika seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah amalnya kecuali 3 (perkara): sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan anak saleh yang berdoa baginya.”

4.      Bersedekah atas Nama Orang Tua

Bentuk lain bakti anak kepada orang tua yang telah meninggal adalah dengan cara bersedekah atas nama orang tua. Bersedekah tidak saja memupuk kebaikan kepada orang tua yang telah meninggal, akan tetapi pada diri sendiri.

Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan Abu Hurairah ra., datang anak laki-laki dan dia bertanya kepada Rasulullah,

“Sesungguhnya ayahku meninggal dunia dan meninggalkan harta, tetapi ia tidak berwasiat. Apakah (Allah) akan menghapuskan kesalahannya karena sedekahku atas namanya?”

Rasulullah kemudian menjawab, “Ya.”

5.      Menjaga Tali Silaturahmi

Sering kali hubungan keluarga menjadi jauh karena ketidakhadiran kedua orang tua yang telah meninggal. Oleh karena itu, menjaga hubungan persaudaraan menjadi salah satu cara untuk membaktikan diri kepada orang tua yang telah meninggal.

Dalam hadis HR. Muslim nomor 2552 juga dijelaskan bahwa bentuk kebaktian kepada orang tua yang paling tinggi, menyambung hubungan dengan orang yang dicintai bapaknya, setelah ayahnya meninggal.

Inilah beberapa cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal yang dapat dipraktikkan. Maka, tunjukkan bakti sebagai seorang anak dengan selalu mendoakan mereka, bersedekah atas nama orang tua, melunaskan utang, menunaikan janji, hingga menjaga tali silaturahmi antar keluarga.

 

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close