KabarKeislaman

Cahaya Hijrah: Kebahagian Qurban di Tengah Masyarakat Non Muslim NTT

Kabupaten Timor Tengah Selatan merupakan salah satu kabupaten di Nusa Tenggara Timur yang resmi berdiri pada tanggal 20 Desember 1958 dengan Kota SOE sebagai ibukota kabupaten. Di daerah dengan luas 3.947 km persegi dan jumlah penduduk 463.980 jiwa terdapat perkampungan muslim yang ada di bagian Timur bersebelahan dengan Kabupaten Belu dan di bagian Selatan dekat dengan Laut Timor. Mereka merupakan penduduk asli Timor yang sudah lama menetap di sana dengan tingkat kepadatan jiwa 116/km persegi. Berdasarkan Data Pemerintahan Kabupaten Tahun 2018. 

Distribusi hewan qurban cahaya hijrah
sumber: dokumentasi Yayasan Cahaya Hijrah

Dilihat dari geografis keadaan wilayah Kabupaten Timor Tengah Selatan merupakan wilayah bergunung-gunung, sungai bebatuan, berbukit-bukit, berlembah dan berlereng-lereng. 

Kondisi jalan untuk mencapai wilayah ini sulit diakses oleh kendaraan biasa, karena medan yang cukup terjal, tanjakan dan turunan, dengan jalan yang berliku.

Distribusi Hewan Qurban Cahaya Hijrah
sumber: dokumentasi Yayasan Cahaya Hijrah

Sekitar 49% dari luas wilayah berada pada ketinggian 0-500 m dari permukaan dan selebihnya yaitu 51% berada pada ketinggian di atas 500 m dari dari permukaan laut. Kondisi ini membuat wilayah administratif Kabupaten Timor Tengah Selatan yang terdiri dari 32 Kecamatan, 228 Desa dan 12 Kelurahan menjadi wilayah yang cukup panas. Perjalanan kesana melewati beberapa sungai yang kering jika musim kering dan ketika musim penghujan harus menunggu hingga debit air menurun untuk bisa dilewati.

Qurban puber Cahaya Hijrah
sumber: dokumentasi Yayasan Cahaya Hijrah

Berawal dari letak geografisnya yang sangat sulit di jangkau maka Cahaya Hijrah berkolaborasi dengan amalsholeh.com di program QurbanPuber dengan tujuan agar masyarakat di kab. Timor Tengah Selatan bisa merasakan daging qurban untuk perbaikan gizi masyarakat.

Cahaya Hijrah
sumber: dokumentasi Yayasan Cahaya Hijrah

Alhamdulillah atas izin Allah para orang baik yang ada di amalsholeh.com akhirnya bisa terealisasi Qurban di wilayah tersebut. Hangatnya idul Adha pun tidak hanya dirasakan oleh umat muslim saja melainkan dirasakan pula oleh masyarakat sekitar yang mayoritas Umat Kristiani. Daging qurban tidak hanya dibagikan kepada umat muslim saja, tetapi juga dinikmati oleh umat beragama lain 

Qurban Puber Cahaya Hijrah
sumber: dokumentasi Yayasan Cahaya Hijrah

Pemotongan hewan Qurban pun dilakukan secara serentak di beberapa titik yaitu:

  1. Masjid Ar Rahman Batuputih Desa Oebobo Kec. Batuputih TTS NTT
  2. Mushola At Tahriyah Desa Boentuka Kec. Batuputih TTS NTT
  3. MIN 1 TTS, Desa Bileon Kec. Fautmollo Kab TTS NTT

Alhamdulillah hal ini sangat disambut juga oleh beberapa masyarakat Non Muslim di sana. Karena dalam pembagian daging hewan qurban ini seluruhnya dibagikan secara merata kepada masyarakat sekitar yang memang jarang mengkonsumsi daging.

Qurban Puber Cahaya Hijrah
sumber: dokumentasi Yayasan Cahaya Hijrah

Semoga di momen Idul Qurban tahun ini, lebih banyak lagi orang baik yang menitipkan hewan Qurbannya kepada Cahaya Hijrah yang nantinya akan dibagikan secara merata kepada masyarakat sekitar NTT umumnya

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close