Umum

Curi Perhatian Allah Melalui Qurban Puber di Amalsholeh.com

Qurban merupakan wujud kedekatan hamba dengan Sang Pencipta. Saat kita makin banyak mengorbankan sesuatu itu mengindikasikan makin besarnya cinta kita pada yang kita beri. Begitupun manusia dengan Allah SWT, saat kita mengorbankan baik harta maupun jiwa lewat amalan berqurban maka itu adalah bukti wujud cinta kita pada Allah SWT.

Momen #QurbanPuber ini adalah kesempatan kita sebagai manusia untuk diperhatikan oleh sang Khalik (Sang Pencipta). Disaat kita mengalami Puber Emosional sepertinya sangatlah fitrah bila upaya kita menarik perhatian diarahkan kepada upaya menarik perhatian Allah SWT dan mendekatkan diri pada Nya.

“Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah).” (Qs. Al Kautsar: 2)

Alhamdulillah berkat Rahmat Allah SWT AmalSholeh.com telah mendapat kepercayaan yang luar biasa dari masyarakat berupa titipan hewan Qurban untuk disembelih. Insya Allah kami terus bertekad untuk bisa menjadi #JembatanKebaikan antara Shohibul Qurban dan para penerima manfaat dalam penyaluran hewan qurban agar keberkahan ini pun bisa dirasakan oleh masyarakat dengan jangkauan yang makin luas. Penerima manfaat Qurban kami upayakan tidak hanya di kota-kota besar, namun juga sampai ke pelosok.

Pada 2020, Alhamdulillah kami melaksanakan pemotongan hewan qurban di daerah pelosok kabupaten Sumedang sebanyak 58 ekor kambing dan 1 ekor sapi di salah satu pesantren yang berlokasi di Jl. Parakan Muncang, Tegalmanggung, Kec. Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Qurban Puber Amalsholeh.com
sumber: Dokumentasi Amalsholeh.com

Lokasi tersebut kami pilih karena selain karena masih terpencilnya wilayah tersebut, juga karena ternyata di daerah tersebut masih jarang ditemukan masjid sehingga tidak heran jika di daerah tersebut masih jarang dilakukan pemotongan hewan Qurban.

Qurban Puber Amalsholeh.com
Sumber: Dokumentasi Amalsholeh.com

Alasan lain penyelenggaraan pemotongan Qurban di pesantren tersebut adalah karena di antara penerima daging qurban adalah para Penghafal Al Qur’an. Nutrisi yang didapat diharapkan dapat menjadi sumber energi dalam melafadzkan ayat demi ayat dari setiap bacaan yang mereka hafalkan. Semoga setiap satu hurufnya bernilaikan pahala yang Insya Allah akan mengalir juga pahalanya bagi para Shohibul Qurban.

“Sesungguhnya Allah itu mempunyai keluarga yang terdiri daripada manusia…” Kemudian Anas berkata lagi, “Siapakah mereka itu wahai Rasulullah?” Baginda menjawab, “yaitu ahli Qu’ran (orang yang membaca atau menghafal Qur’an dan mengamalkannya). Mereka adalah keluarga Allah dan orang-orang yang istimewa bagi Allah.” (HR. Ahmad)

Kami berharap melalui program #QurbanPuber ini, semakin besar kesempatan kita sebagai umat Muslim untuk mendapatkan keberkahan dengan memuliakan kaum dhuafa sebagai salah satu pihak yang berhak untuk mendapatkan daging hewan Qurban. Terlebih dalam situasi pandemi covid19 saat ini, banyak masyarakat yang membutuhkan kepedulian kita. Banyak juga yang harus kehilangan mata pencaharian hingga kesulitan dalam memenuhi kebutuhan ekonomi pangan diri dan keluarganya. Maka sangat tepat bila kita yang masih diberi keluasan rezeki untuk menyalurkannya dalam bentuk ibadah Qurban.

Makanlah sebagian dari daging qurban dan berikanlah kepada orang fakir.” (Qs. Al Hajj: 28)

MasyaAllah Tabarakallah, semoga kita semua dapat mengundang banyak keberkahan kepada semua yang terlibat, baik untuk Shohibul Qurban, penerima, pengelola, lembaga dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Aamiin YRA

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close