Sedekah

Efek Baik Gemar Dari Bersedekah Yang Jarang Orang Ketahui

Gemar bersedekah ternyata dapat memberikan efek baik bagi diri sendiri dan orang lain. Simak ulasannya di sini.

Bersedekah merupakan salah satu hal baik yang dianjurkan di dalam agama Islam. Bahkan, Allah menjanjikan pahala yang melimpah bagi orang yang gemar bersedekah. Namun, tidak sedikit orang  yang masih enggan bersedekah dengan alasan takut miskin atau hartanya berkurang. Padahal banyak efek baik sedekah yang didapat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

1. Dilipatgandakan Rezekinya

Keajaiban Sedekah
sumber: pixabay.com

Efek baik sedekah yang pertama yaitu Allah melipatgandakan rezeki orang yang bersedekah. Janji Allah ini terdapat dalam surat al-An’am ayat 160. Dalam ayat tersebut disebutkan bahwa Allah akan melipatgandakan amal baik hambanya 10 kali lipat.

Salah satu kisah yang menunjukkan kekuasaan Allah dalam melipatgandakan rezeki akibat bersedekah pernah dialami oleh Ali bin Abi Thalib. Suatu ketika Fatimah meminta delima. Ali bin Abi Thalib pun berangkat membelinya, namun hanya satu buah karena keterbatasan dana. Di tengah jalan, dia bertemu dengan seseorang yang miskin dan sangat menginginkan buah delima yang dibawanya.

Ali bin Abi Thalib pun membagi buah delimanya menjadi dua. Setengah buah diberikannya pada orang miskin tersebut. Sesampai di rumah, Ali bin Abi Thalib menceritakan kepada Fatimah tentang buah delima yang tinggal setengah dibawanya.

Tidak lama kemudian, pintu rumah mereka diketuk oleh seseorang. Ternyata, Salman Al Farisi telah berdiri di depan pintu sambil membawa buah delima untuk mereka karena perintah Rasul Muhammad. Jadi jangan khawatir harta akan berkurang karena bersedekah, justru Allah akan melipatgandakannya.

2. Terhindar dari Bahaya dan Malapetaka

Keajaiban Sedekah
sumber: pixabay.com

Efek baik sedekah berikutnya yaitu terhindar dari bahaya dan malapetaka. Hal ini pernah disampaikan oleh rasullulah dalam sabdanya “Obatilah orang-orang sakit dengan sedekah”.

Salah satu kisah nyata selamatnya seseorang akibat bersedekah terjadi pada zaman Nabi Sholeh AS. Pada zaman itu, terdapat seseorang yang gemar merusak pakaian orang lain. Banyak orang yang mengadukan hal tersebut dan meminta Nabi Sholeh AS untuk mendoakan agar si perusak pakaian tersebut mendapatkan malapetaka.

Ketika sore tiba, Nabi Sholeh kaget melihat orang yang didoakan mendapat musibah tersebut ternyata pulang dengan selamat sambil membawa bungkusan yang didalamnya berisi ular berbisa. Nabi Sholeh pun menanyakan kepada dirinya, apakah hal baik yang dia lakukan di pagi hari tadi? Ternyata dia menyedekahkan sepotong rotinya kepada orang lain. Sedekah itulah yang ternyata menyelamatkannya.

Jadi, keutamaan sedekah yang tidak terlihat secara kasat mata, salah satunya yaitu terhindar dari musibah dan malapetaka.

3. Lima Manfaat di Dunia dan Lima Manfaat di Akhirat

Keajaiban Sedekah
Sumber: pixabay.com

Efek baik sedekah lainnya yaitu mendapatkan 5 manfaat di dunia dan akhirat. Hal ini termaktub dalam Kitab Tanbihul Ghofilin. Lima hal baik yang didapat orang yang gemar bersedekah antara lain disucikan hartanya, hartanya menjadi lebih berkah, terhindar dari penyakit dan malapetaka, menyenangkan orang miskin, dan rejeki yang melimpah.

Lima manfaat sedekah di akhirat antara lain menjadi pelindung dari sengatan sinar matahari saat di padang Mahsyar, mendapatkan ridha Allah SWT, membantu melewati jembatan Sirathal Mustaqim, mendapat derajat yang tinggi, dan dimasukkan Allah ke dalam surga.

Nah, ternyata banyak sekali efek baik sedekah jika didalami ya. Sedekah tidak menghilangkan harta, justru sedekah akan melimpatgandakannya dan memberikan banyak manfaat bagi diri kita. Mari bersedekah.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close