Sedekah

Ini Adalah Keutamaan Sedekah Jumat Bagi Umat Islam, Yuk Kejar Berkahnya

Sedekah pada dasarnya bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja selama dengan niat yang baik. Namun, dalam ajaran Islam, terdapat keutamaan sedekah Jumat. Hal tersebut sejalan dengan hadis Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Muslim. Hadis itu menyebutkan bahwa:

“Hari terbaik dimana matahari terbit di hari itu adalah hari Jumat. Di hari itu Adam diciptakan, di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan juga dikeluarkan dari surga. Dan kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat.”

Untuk itu, ada beberapa keutamaan sedekah Jumat yang wajib dipahami oleh umat Muslim. Mari kita simak di sini:

1. Pahalanya Seperti Bulan Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan yang diberkahi oleh Allah SWT, karena pada saat itu kejahatan dan setan-setan pengganggu dikurung sehingga manusia bisa lebih fokus dalam beribadah. Menariknya, ada hari di mana setiap ibadah yang dilakukan pada saat itu setara dengan ibadah bulan Ramadan. Hari itu adalah Jumat.

Sedekah pada hari Jumat akan memberikan pahala yang lebih besar daripada hari-hari yang lainnya. Namun wajib dipahami bahwa sedekah harus dilakukan dengan ikhlas, hanya mengharapkan kebaikan dan rida Allah SWT. Sedekah sebaiknya tidak mengharapkan pujian dan tidak membuat kita merasa lebih saleh daripada orang lain.

2. Menjadi Jalan Rezeki yang Besar

Islam sangat menganjurkan kita untuk berbagi dengan sesama dalam bentuk apa saja, selama itu merupakan hal yang positif. Allah SWT telah menjanjikan bagi siapa saja yang bersedekah secara ikhlas pintu rezeki yang luas, terlebih pada hari Jumat.

Dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh AT Tirmidzi, disebutkan berkah yang akan kita dapatkan dengan bersedekah secara ikhlas sebagai berikut:

Barang siapa yang orientasinya adalah urusan akhirat, niscaya Allah meletakkan kekayaannya di dalam jiwanya. Sebagaimana Allah juga akan menyatukan urusannya dan kekayaan dunia akan menghampirinya dengan mudah. Namun sebaliknya, orang yang orientasinya adalah urusan dunia, niscaya Allah jadikan kemiskinannya ada di depan matanya. Sebagaimana Allah juga mencerai-beraikan urusannya dan tiada kekayaan dunia yang menghampirinya selain yang telah Allah tentukan untuknya.

3. Hari untuk Bersilaturahim

Hari Jumat bagi umat Islam adalah hari terbaik untuk menjalin silaturahmi dan memperkuat ukhuwah islamiyah. Pada hari Jumat, pria diwajibkan untuk melaksanakan salat Jumat di masjid atau musala.

Pada saat salat Jumat, mereka mendengarkan khutbah dan bertemu dengan orang lain. Di sinilah para pria dapat menjalin silaturahim dan juga bersedekah melalui kotak amal.

4. Hari yang Dilimpahi Kebaikan

Berbagai sejarah Islam yang baik terjadi pada hari Jumat. Inilah salah satu alasan mengapa hari Jumat sangat spesial bagi umat Islam. Di hari yang penuh dengan kebaikan dan rahmat dari Allah ini, hendaknya umat Islam turut menghormatinya dengan cara melakukan berbagai macam hal positif, salah satunya tentu saja adalah dengan bersedekah.

5. Pintu Ampunan yang Besar

Allah SWT sangat mengistimewakan hari Jumat hingga pada hari tersebut, pintu pengampunan dibuka sebesar-besarnya. Inilah kesempatan bagi umat Islam untuk memohon ampunan kepada Allah SWT, meningkatkan ibadah, dan hubungan dengan sesama. Salah satu cara untuk mendapatkan rida Allah SWT dan ampunan yang besar adalah dengan bersedekah. Sedekah dapat mengikis sifat-sifat buruk, menjadikan kita orang yang sederhana, dan mengikis dosa-dosa kita (Insya Allah).

Ada begitu banyak keutamaan sedekah Jumat bagi umat Islam. Ini adalah hari yang sangat baik untuk melakukan segala jenis ibadah dan memohon pengampunan. Namun tentu saja sebaiknya kita berbuat baik setiap hari hanya untuk mengharapkan rida Allah SWT dan kebaikan bagi seluruh alam semesta.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close