Keislaman

Inilah 6 Ciri-ciri Bila Ibadah Kita Diterima Allah, Yuk Simak

Tidak semua ibadah yang kita lakukan diterima oleh Allah Swt. Jadi, menjadi suatu kenikmatan yang paling besar yang didapatkan ketika ibadah kita diterima oleh Allah. Oleh karena itu, setiap umat Islam harus menjaga ibadah dan menghindari perbuatan yang dapat menghilangkan pahala ibadahnya. Efek apa saja yang dirasakan bila ibadah kita diterima Allah? Berikut merupakan ciri-ciri ibadah kita diterima Allah.

1.    Semangat dalam Beramal dan Beribadah

Ketika kita beribadah kepada Allah, ibarat kita sedang bercocok tanam di ladang. Ladang tersebut akan bertambah subur ketika tanamannya disiram dan dipupuk. Jadi, semakin sering seorang muslim beribadah dan beramal, semakin bertambah baik dan bagus ibadah, muamalah, dan akhlak seseorang. Kebaikan dan kesalehan akan dirasakan oleh orang-orang di sekitarnya.

2.    Hidup Bahagia

Banyak dari kita bertanya efek apa saja yang dirasakan bila ibadah kita diterima Allah? Salah satu ciri ibadah diterima adalah memiliki hidup yang bahagia. Kebahagiaan itu berupa perasaan bebas dari kekhawatiran dan kesedihan. Kita akan memetik buah dari amal perbuatan yang dilakukan di dunia, yaitu perasaan bebas dari kesedihan dan kekhawatiran.

3.    Munculnya Perasaan Merasa Kecil

Ciri lainnya ketika ibadah kita diterima oleh Allah Swt. adalah munculnya perasaan merasa kecil. Manusia selalu penuh salah dan dosa. Ditambah dengan kualitas ibadah yang kurang serta dosa-dosa yang diperbuat. Perasaan ini muncul karena merasa ibadah yang dilakukan pada Allah belum sempurna dan selalu kurang. Ketika seseorang merasakan perasaan ini, dia akan terus berusaha mengenal Allah dan meminta pengampunan kepada Allah dan beristigfar setiap selesai beribadah. Allah sangat menyenangi hamba-hambanya yang selalu beristigfar dan bertaubat.

4.    Senantiasa Bersyukur

Efek yang bisa dirasakan ketika ibadah kita diterima oleh Allah adalah munculnya sifat senantiasa bersyukur. Semua yang terjadi di dunia semua telah diatur oleh Allah. Setelah berusaha dan berdoa, maka kita harus berserah diri dan menerima semua hal yang telah Allah tentukan.

Walaupun doa yang diharapkan belum terkabul, kita akan selalu husnuzan (berprasangka baik) pada Allah. Justru karena hal tersebut, kita harus menambah rasa syukur. Allah lebih tahu yang terbaik bagi hamba-Nya dan memberikan jawaban atas doa-doa di waktu yang tepat.

5.    Rindu Beribadah

Ciri lain yang bisa dirasakan ketika ibadah diterima oleh Allah Swt. adalah munculnya perasaan rindu beribadah. Perasaan rindu yang tak terbendung ketika menanti waktu salat lima waktu dan ibadah sunah. Perasaan rindu ini juga dibarengi dengan perasaan takut dan sedih karena ketinggalan ibadah, seperti salat loha, tahajud, atau salat sunah lainnya.

Setelah selesai beribadah, kita akan merasakan rindu dan ingin waktu beribadah datang lebih cepat. Kerinduan akan beribadah ini memunculkan perasaan totalitas untuk pasrah dan berserah diri kepada Sang Pencipta.

6.    Istiqamah Menjaga Ibadah

Beribadah merupakan bagian dari kewajiban umat Islam dalam mendekatkan diri kepada Allah. Ketika beribadah, perlu istikamah atau konsisten dan berkomitmen dalam menjaga ibadah. Nah, sifat istikamah inilah yang menjadi efek dari ketika ibadah kita diterima oleh Allah.

Kita akan merasakan kehadiran dan pengawasan Allah dalam setiap ibadah yang dilakukan. Ketika kita konsisten dalam beribadah, hal ini akan meningkatkan sifat takwa.

Jika kita bertanya efek apa saja yang dirasakan bila ibadah kita diterima Allah? Maka 6 ciri di atas bisa menjadi tanda-tanda ibadah seseorang diterima Allah. Oleh karena itu, perbanyak ibadah dan selalu istikamah dan berkumpul dengan orang-orang yang suka beribadah.

 

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close