KeislamanUmum

Inilah Cara Mendapatkan Rezeki Yang Tertuang Didalam Al-Quran

Kita sering mendengar bahwa rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. Rezeki yang dimaksud tidak terbatas materi saja. Namun rezeki adalah segala apapun yang kita miliki saat ini di dunia mapun ketika kita sudah meninggal.

Kita dapat berusaha, namun Allah yang akan menentukannya. Sehingga bila kita sudah berusaha keras namun Allah belum menghendakinya, kita sebagai manusia hanya bisa tawakal dan tetap bersyukur dengan apa yang telah dimiliki.

Dalam Al-Quran telah disampaikan apa saja jenis-jenis rezeki dalam Islam yang diberikan Allah kepada seluruh umatnya. Rezeki ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor yang bisa membuatnya bertambah ataupun berkurang. Apa sajakah itu?

1. Rezeki Yang Sudah Dijamin Allah SWT

Setiap manusia yang ada di dunia telah diatur rezekinya oleh Allah SWT. Maka kita tak perlu khawatir akan apa yang belum didapatkan. Tetap berusaha dan berdoa kepala Allah. Mungkin saja Allah telah memiliki rencana yang lebih baik untukmu.

Jenis-jenis rezeki dalam Islam yang pertama ini pun tertuang dalam surat Hud ayat 6 yang artinya: “Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).”

2. Rezeki Karena Telah Berusaha

Bila kita ingin mendapatkan sesuatu, tentu akan diusahakan semaksimal mungkin. Kita akan memperjuangkan kekuatan kita dan pantang menyerah sebelum mendapatkan. Semakin gigih saat berusaha, maka kemungkinan mendapatkan hasil berupa rezeki.

Jenis-jenis rezeki dalam Islam ini terdapat pada QS An-Naim ayat 39-49 Allah berfirman: “Dan bahwasanya seorang manusia tiada memperoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya). Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna.”

3. Rezeki Karena Bersyukur

Segala sesuatu yang kita miliki di dunia ini bersumber dari Allah SWT. Oleh sebab itu, ketika kita harus bersyukur atas nikmat yang telah diberikan. Dengan begitu, maka Allah akan memberi kenikmatan yang lebih untuk kita.

Allah berfirman dalam surat Ibrahim ayat 7 yang memiliki arti: “Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

4. Rezeki Karena Anak

Salah satu jenis-jenis rezeki dalam Islam adalah rezeki karena anak. Dengan memperlakukan anak kita kelak dengan sebaik-baiknya, mendidiknya sesuai dengan kaidah Islam, maka anak tersebut akan membalas kita dengan membawa rezeki untuk kita nantinya.

Dalam surat Al-Isra Allah berfirman: “Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan juga kepadamu. Sesungguhnya membunuh mereka adalah suatu dosa yang besar.”

5. Rezeki Dari Sedekah

Jenis-jenis rezeki dalam Islam termasuk mereka yang membantu sesama akan mendapatkan balasan yang baik, dari Allah SWT dan juga dari penerima sedekah yang mendoakanmu.

Mengenai rezeki dari bersedekah, Allah berfirman dalam surat Al-Baqarah ayat 245, “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.”

6. Rezeki Karena Menikah

Dengan menikah, Allah akan membukakan pintu rezeki baru di masing-masing di antaranya. Tak perlu khawatir soal rejeki sebelum menikah, sebab Allah akan memberi kemampuan bagi mereka yang akan melangsungkan pernikahan.

Mengenai hal ini terdapat pada surat An-nur ayat 32. Yaitu: “Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

7. Rezeki Karena Beristighfar

Allah akan memberikan rezekinya kepada mereka yang mengingat-Nya dengan cara senantiasa berzikir untuk mendapatkan kemudahan atau memohon ampun kepada Allah atas kesalahannya di masa lampau.

Salah satu dari bermacam Jenis-jenis rezeki dalam Islam ini membutuhkan kedekatan dengan Allah SWT dengan cara memperbanyak ibadah.

8. Rezeki Yang Tidak Terduga

Allah sebagai sang pencipta mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Meskipun kita sedang dilanda kesulitan, namun tetaplah untuk selalu tawakal. Sebab Allah akan memberikan rezeki yang tidak terduga-duga.

“Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Ath-Thalaq ayat 3)

Itulah tadi jenis-jenis rezeki dalam Islam yang ada di dalam Al-Quran. Jangan mudah putus asa dan selalu berikhiar, kelak Allah akan memberikan jalan yang terbaik buat kita.

 

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close