KesehatanUmum

Inilah Keutamaan Sahur Di Akhir Waktu

Ibadah puasa di bulan Ramadhan tentunya tidak lepas dari sahur. Sahur bukan termasuk ke dalam ibadah wajib, melainkan termasuk ke dalam ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Hal tersebut, sesuai dengan Hadis Riwayat Al-Bukhari dan Musilm yang disampaikan oleh Anas bin Malik yang berbunyi: “Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan”.

Tentunya ada perdebatan antara imsak dan waktu subuh sebagai pertanda mulainya puasa. Sejatinya, dalam kebiasaan masyarakat Indonesia, imsak dipakai untuk mengingatkan agar berhati – hati sehingga tidak melewati batas waktu sahur, yakni saat adzan Subuh berkumandang. Berbeda dengan buka puasa yang dianjurkan untuk dilakukan sesegera mungkin, sahur dianjurkan untuk dilakukan mendekati subuh.

Keutamaan sahur di akhir waktu atau mendekati subuh, diriwayatkan dalam Hadis Riwayat Ahmad yang berbunyi: “Dari Abu Dzar: Rasulullah SAW bersabda: tidak akan hilang sifat kebaikan pada diri manusia, selama ia mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka puasa,” tentunya semua itu bukanlah tanpa alasan, berikut adalah manfaat – manfaatnya:

Kuat Menahan Lapar dan Haus

Perut kita memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang sudah masuk. Maka, dapat disimpukan bahwa apabila kita melakukan sahur di akhir waktunya, kita akan merasa kenyang lebih lama. Sehingga, dapat menjalankan puasa dengan baik, karena ketahanan tubuh kita yang baik.

Hal ini tentunya akan berbeda jika kita tidak sahur atau melakukan sahur tepat setelah melakukan ibadah sholat Tarawih. Misalnya, pada jam 9 malam. Tentunya kita sudah akan merasa sangat lapar pada waktu Dzuhur. Tidak hanya membuat kita lapar, tapi juga bisa membuat kita gampang tersulut amarah.

Sedikitnya Jarak Waktu Menuju Subuh

Keutamaan sahur mendekati waktu akhir lainnya adalah dekatnya selesai sahur dengan waktu adzan Subuh. Hal ini dapat membantu kita untuk sesegera mungkin mempersiapkan diri dalam melakukan ibadah sholat Subuh di awal waktunya. Sholat Subuh di awal waktu juga memiliki keutamaannya, yakni berada dalam jaminan Allah SWT. 

Dalam jeda jarak waktu tersebut, kita bisa menggunakannya untuk beribadah, membaca zikir atau membaca Al-Qur’an seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Semua itu, tentunya untuk meraih keberkahan dan menambah ibadah dalam bulan suci yang penuh ampunan.

Tidak Lalai Atau Ketinggalan Sholat Subuh

Tak dapat dipungkiri bahwa sebagian dari kita akan tertidur kembali setelah makan di waktu sahur, baik itu secara sengaja maupun tidak. Jika melakukan sahur jauh sebelum waktu akhir, tentunya waktu Subuh akan terasa sangat lama dan terjadilah kesiangan. Hal ini menyebabkan sebuah kerugian yang sangat besar.

Dengan demikian, aktivitas sahur memang sebaiknya dilakukan diantara tengah malam hingga sebelum adzan Subuh. Sesuai dengan manfaat – manfaat yang sudah dijelaskan, memang waktu yang terbaik adalah sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW, yakni mendekati waktu akhir. Gunakanlah waktu imsak sebagai patokan agar dapat mengatur waktu makan Sahur dan tidak terburu – buru.

Selain itu, sebelum menyantap makan sahur. Alangkah baiknya jika mengucapkan basmalah atau melafalkan doa sebelum makan sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT karena diberi kenikmatan dapat melakukan sunnah sahur sebagai bagian dari rangkaian ibadah puasa di bulan Ramadhan dengan segala kecukupan.

Kesimpulannya, terdapat beberapa keutamaan sahur mendekati waktu akhir. Dengan mengikuti Sunnah Rasulullah SAW, kita secara tidak sadar akan melakukan anjuran – anjuran penuh berkah dan manfaat lainnya. Mulai dari dikuatkannya kita berpuasa, hingga menjauhi kita dari kelalaian sholat Subuh. Maka dari itu, marilah kita praktekkan anjuran yang penuh manfaat ini agar ibadah kita juga menjadi semakin berkah. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan maaf apabila ada salah kata.

Sumber:

https://umma.id/article/share/id/8/63477

https://umroh.com/blog/pengertian-sahur-dalil-hukum-doa-dan-waktu/

https://tirto.id/waktu-melaksanakan-sahur-yang-utama-dan-disunnahkan-fbfv

https://islam.nu.or.id/post/read/90655/sebaik-baik-sahur-di-akhir-waktu

https://kumparan.com/berita-hari-ini/batas-waktu-shalat-subuh-berdasarkan-alquran-dan-hadits-1v8uwy2AcbX

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close