KeislamanUmum

Inilah Keutamaan Sholat Dhuha 4 Rakaat

Sholat Dhuha adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada waktu dhuha, yakni setelah waktu Subuh dan sebelum waktu Dzuhur. Rentang waktu pelaksanaannya cukup panjang bukan? Namun berhati – hatilah untuk tidak melakukan shalat Dhuha diantara waktu setelah subuh hingga matahari terbit, hal ini sesuai dengan Hadis Riwayat Al-Bukhari sebagai berikut: “Sesungguhnya Rasulullah melarang dua salat; melarang salat setelah salat subuh hingga terbit matahari dan setelah ashar hingga terbenam matahari.“.

Adapun waktu yang paling utama untuk mengerjakannya adalah saat matahari mulai bersinar terang dan setinggi ombak, sekitar jam 09.00 sampai sebelum masuk waktu Dzuhur. Jumlah rakaat pada sholat Dhuha adalah minimal 2 rakaat dan paling banyak 8  rakaat. Jika sholat Dhuha dikerjakan lebih dari 2 rakaat, maka dianjurkan untuk melakukan salam setiap 2 rakaat. Adapun niat sholat Dhuha adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الضُّحَى رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatad dhuhā rak‘ataini lillāhi ta‘ālā.

Artinya, “Aku menyengaja salat sunah duha dua rakaat karena Allah SWT.”

Setiap jumlah rakaat dalam sholat Dhuha tidak ada yang salah, sesuai dengan yang sudah dijelaskan dalam Hadis Riwayat Imam Abu Daud. Dalam kesempatan ini, mari membahas keutamaan sholat Dhuha.

Dimudahkan Mencari Rezeki

Dalam Islam, kita tentunya diperintahkan untuk berbuat dan mengajarkan ilmu kebaikan kepada anak – anak kita. Salah satunya adalah mencari nafkah yang halal. Kewajiban untuk menghidupi keluarga termasuk dalam salah satu bentuk perjuangan di jalan Allah SWT.

Dalam mencari nafkah, Allah SWT menuntun umat melalui Nabi-Nya untuk mengajarkan sholat Dhuha 4 rakaat di pagi hari. Dengan melakukan ibadah Sunnah tersebut, Allah SWT akan mempermudah hamba-Nya dalam mencari berkah dan rezeki yang halal. 

Diampuni Dosa – Dosanya

Keutamaan shalat Dhuha yang lain adalah diampuni dosa – dosa kita oleh Allah SWT, walau sebanyak buih yang ada di laut. Hal ini tercantum dalam Hadis Riwayat Tirdmizi, Ibnu Majah dan Ahmad, Rasulullah SAW bersabda:

Barangsiapa yang menjaga sholat Dhuha, maka dosa – dosanya akan diampuni walau sebanyak buih di lautan.

Pahala Sedekah Sebanyak Persendian Manusia

Sholat 4 rakaat di pagi hari memiliki amalan yang dikerjakan oleh semua persendian yang dimiliki oleh tubuh manusia. Sendi – sendi tersebut seolah – olah bersedekah akan kebaikan karena melaksanakan sholat Dhuha. Hal ini sesuai dengan Hadis Riwayat Muslim yang berbunyi: “Setiap pagi, ruas anggota tubuh kalian harus dikeluarkan sedekahnya.”.

Dengan demikian, kita tidak hanya bisa bersedekah menggunakan materi. Berdasarkan Hadit tersebut, terdapat cara lain yang dapat lakukan untuk bersedekah, yaitu dengan melakukan sholat Dhuha di pagi hari menggunakan ruas anggota tubuh yang dimiliki. Sungguh Allah maha mencintai dan mengerti akan hamba-Nya.

Dijamin Kecukupannya Hingga Akhir Hari oleh Allah SWT

Berdasarkan Hadis Riwayat Ahmad yang berbunyi: “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya akan Aku cukupkan untukmu (rezeki) disepanjang hari itu.”. Allah SWT memberikan ganjaran berupa kecukupan rezeki bagi hamba-Nya yang melaksanakan sholat Dhuha 4 rakaat.

Kecukupan rezeki tidak didapati oleh semua orang. Tidak banyak juga mereka yang tanpa sadar tidak mensyukuri harta yang telah diberikan. Maka, sudah sepatutnya kita bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

Kesimpulannya, terdapat banyak keutamaan sholat Dhuha. Dengan mengikuti Sunnah Rasulullah SAW, kita akan diberi nikmat surgawi dan duniawi oleh Allah SWT. Mulai dari dilancarkannya mencari rezeki, hingga diampuninya dosa – dosa kita. Maka dari itu, marilah kita lakukan sholat Dhuha 4 rakaat secara rutin. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat, dan maaf apabila ada salah kata.

Sumber:

https://republika.co.id/berita/qgbdy1320/berapa-jumlah-rakaat-sholat-dhuha-2-4-8-atau-12

https://infakyatim.id/inspirasi/keutamaan-sholat-dhuha

https://umma.id/post/11-keutamaan-shalat-4-rakaat-di-pagi-hari-dalam-islam-374937?lang=id

https://islam.nu.or.id/post/read/99123/ini-lafal-niat-shalat-dhuha

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close