KabarKeislamanUmum

Inilah Rahasia Nuzulul Quran dan Amalannya, Jangan Sampai Terlewatkan

Salah satu momentum penting dan bersejarah bagi umat Islam merupakan peristiwa diturunkannya wahyu Allah berupa Al-quran kepada Nabi Muhammad melalui malaikat jibril. Peristiwa diturunkannya Al-Quran ini disebut sebagai Nuzulul Quran. Di malam tersebut terdapat rahasia Nuzulul Quran yang sangat berharga, terlebih bila kita menjalankan amalan sunnahnya. Apa sajakah itu?

Kapan Terjadinya Nuzulul Quran

Peristiwa Nuzulul Quran terjadi pada bulan Ramadan, seperti yang tertuang dalam ada surah Al-Baqarah ayat 185 yang artinya, “Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).”

Pada saat itu, Rasulullah sedang berada di dalam Gua Hira untuk merenung. Kemudian malaikat Jibril mendatanginya dan menyampaikan wahyu dari Allah SWT berupa kitab suci Al-Quran yang digunakan sebagai pedoman hidup umat Islam hingga saat ini.

Rahasia Nuzulul Quran dan Amalan Yang Harus Dilakukan

Peringatan peristiwa Nuzulul Quran ini dilakukan pada tanggal 17 Ramadan setiap tahunnya. Salah satu rahasia Nuzulul Quran yakni peristiwa ini bertepatan dengan bulan Ramadan, maka pada saat tersebut merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah kepada Allah agar mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya dan memohon ampun untuk dosa-dosa yang dilakukan di masa lampau.

Rahasia Nuzulul Quran juga merupakan malam diturunkannya Al-Quran kepada Rasulullah, melalui perantara malaikat Jibril dan terjadi di malam hari. Pada malam tersebut, merupakan saat di mana malaikat-malaikat turun ke dunia untuk membawa kebaikan dan keberkahan. Maka untuk memperingati Nuzulul Quran dapat dilakukan dengan cara menjalani amalan sunnah yang dianjurkan Rasulullah, seperti:

  1. Sangat dianjurkan bagi umat muslim untuk melakukan tadarus Al-Quran dan memahami isinya agar kita semakin mendekatkan diri kepada Allah. Allah pun akan menaikkan derajat dan memberikan pahala yang berlipat ganda untuk mereka yang melakukan ibadah yang menjadi rahasia Nuzulul Quran.
  2. Memperbanyak zikir Nuzulul Quran merupakan salah satu amalan yang dapat kita lakukan. Dengan berzikir kepada Allah, niscaya kita akan mendapatkan ketenangan, kekuatan, menghilangkan rasa sedih, serta mendorong kita untuk selalu beriman kepada Allah SWT. Melafalkan zikir juga salah satu bentuk menjalankan perintah Allah SWT.
  3. Menjalankan salat sunnah juga merupakan amalan sunnah merupakan salah satu rahasia Nuzulul Quran. Terlebih karena bertepatan dengan bulan Ramadan, sehingga kita bisa menjalankan salat malam seperti tarawih, salat witir, dan juga salat tahajud sebagai cara untuk memperingati peristiwa Nuzulul Quran ini.
  4. Rahasia Nuzulul Quran yang patut kita ketahui adalah malam tersebut merupakan malam yang penuh kemuliaan. Oleh karena itu, segala ibadah yang dilakukan pada malam ini bernilai tinggi di mata Allah SWT. Allah akan mengabulkan doa-doa yang kita panjatkan dan juga mengampuni dosa-dosa yang pernah dilakukan di masa lalu. Sebagaimana yang dijelaskan dalam hadis riwayat Imam Bukhari, “Barangsiapa salat pada lailatul qadar karena iman dan mengharapkan pahala, diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.”
  5. Selain itu, dapat pula kita isi dengan berbagai kegiatan islami, seperti memperbanyak ilmu mengenai Islam dengan mengikuti kajian-kajian dan mendengarkan tausiyah untuk memperdalam pengetahuan agama Islam guna meningkatkan keimanan dan niscaya Allah akan memberikan ketenangan jiwa.

Setelah mengetahui berbagai rahasia Nuzulul Quran, ada baiknya apabila kita tetap istiqomah dalam menjalankan amalan ibadah, tidak hanya berfokus pada malam Nuzulul Quran saja. Dengan menjaga keistiqomahan dalam beribadah, kita akan mendapatkan ketenangan jiwa dan dapat menjauhkan diri dari api neraka sebab amalan-amalan tersebut yang menjadi bekal di hari akhir nantinya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close