Keislaman

Banyak Yang Tidak Tahu Apa Itu Sabar Dan Keutamaannya? Intip Yuk

Kesabaran seorang muslim sering diuji lewat cobaan dan musibah. Inilah beberapa keutamaan dari kewajiban bersabar.

Kewajiban bersabar perlu dilakukan saat menghadapi musibah. Mampu menumbuhkan sifat sabar bisa membangun pilar kebahagiaan dalam hidup. Memiliki perilaku sabar juga dapat mencegah diri dalam kemaksiatan sehingga berbuah rasa syukur dan ketabahan. Sebenarnya apa pengertian sabar? Apa saja keutamaannya? Simak informasinya.

Pengertian Sabar

Kata sabar berasal dari bahasa Arab yang artinya menahan diri dari keluh kesah. Sabar memiliki banyak definisi. Menurut ulama muslim, Raghib Isfahani, sabar dapat didefinisikan sebagai kekuatan dan ketahanan ketika keadaan sempit atau sulit.

Sebaliknya, menurut  Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah, seorang imam besar, menyatakan bahwa sabar berarti membatasi jiwa atau menahan diri dari keinginan demi mendapatkan sesuatu yang baik. Jadi, sabar dapat didefinisikan sebagai kemampuan untuk menahan diri dalam menghadapi keadaan sulit demi mencapai suatu tujuan yang baik.

Keutamaan Sabar

Lebih dari 100 kali kata sabar diulang dalam Al-Qur’an. hal ini menunjukkan kewajiban bersabar diperlukan untuk menghadapi segala cobaan. Berikut ini adalah keutamaan dari sabar.

Mendapat pahala tiada batas

Salah satu keutamaan kewajiban bersabar adalah mendapat pahala tiada batas. Kesabaran biasanya diikuti dengan rasa syukur. Dengan bersabar, seseorang akan mendapatkan kebaikan. Hal ini tercantum dalam Al-Qur’an Surah Az Zumar ayat 10, Allah taala berfirman:

“Katakanlah (Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu.” Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang bersabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.”

Memupuk perbuatan mulia

Keutamaan memiliki sifat sabar lainnya adalah dapat memupuk perbuatan mulia. Memiliki sifat sabar akan membuat diri lebih teguh dan taat menjalankan perintah Allah. Sabar juga dapat menaikkan ketaatan terhadap Allah dan mencegah diri dari emosi dalam menjalani takdir yang ditetapkan. Dalam surah Asy-Syura ayat 43, Allah Swt. berfirman:

“Tetapi barang siapa bersabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang mulia.”

Memelihara rasa syukur

Memiliki sifat sabar dapat memelihara rasa syukur. Dalam keadaan senang ataupun susah, kita dituntut untuk selalu bersabar. Dengan memelihara sifat sabar, berbagai perbuatan maksiat dapat dijauhi. Kesabaran akan dibarengi dengan rasa syukur atas ujian yang Allah berikan.

Dalam Al-Qur’an surah Luqman ayat 31, Allah berfirman:

“Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kemehakuasaan Allah) bagi setiap orang yang sangat sabar dan banyak bersyukur.”

Memiliki kesempatan untuk senantiasa bersama Allah

Menerapkan sabar dalam kehidupan merupakan tindakan yang disukai Allah. Mampu menahan emosi dan bersabar dalam menghadapi ujian akan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.

Allah akan menjaga, memelihara, melindungi, dan menolong siapa saja yang tetap bersabar dan bersyukur. Sebagaimana Allah taala berfirman dalam surah An-Nahl ayat 96 yang berbunyi:

“Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

Menghadapi masalah menjadi lebih mudah

Keutamaan dari kewajiban bersabar mampu mendatangkan kebaikan dalam kehidupan. Bahkan dengan bersabar masalah dan ujian lebih mudah dihadapi. Sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan HR. Muslim,

Dari Suhaib ra, Rasulullah saw. bersabda:

“Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mukmin: yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya.”

Inilah penjelasan mengenai pengertian sabar dan keutamaan kewajiban bersabar. Memiliki sifat sabar akan membuat semua masalah yang dihadapi menjadi lebih mudah. Sifat sabar juga mampu menciptakan rasa syukur atas rahmat dan berkah yang diberikan oleh Allah taala.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close