Kisah Inspiratif

Siapapun Bisa Melakukan Hidup Sehat Rasulullah

Keseharian Rasul telah banyak mengajarkan umatnya untuk hidup sehat jasmani dan rohani. Berikut enam pola hidup sehat Nabi Muhammad SAW yang harus kita amalkan.

Nabi Muhammad SAW memiliki banyak sekali sikap-sikap mulia yang bisa kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Dengan meneladani sifat Rasulullah, kita akan mendapatkan pahala, keselamatan, dan berkah.

Dari banyak sifat dan kebiasaan baik Rasulullah, banyak juga di antaranya yang memperlihatkan keseharian Rasul dan bagaimana hidup sehat beliau. Apa saja kebiasaan baik Rasulullah yang bisa kita tiru? berikut beberapa di antaranya.

1. Tidak Minum Khamr

Siapapun Bisa Melakukan Hidup Sehat Rasulullah
sumber: pixabay.com

Khamr adalah minuman keras atau minuman yang memabukkan. Rasulullah melarang umatnya mengonsumsi minuman ini. Diriwayatkan oleh Abu Dawud, Rasulullah bersabda, “Khamr itu telah dilaknat dzatnya.”

Nabi Muhammad SAW menambahkan bahwa bukan hanya dzatnya saja yang dilaknat tapi juga orang yang meminum khamr, yang membeli, yang menuangkan, yang menjual, yang meminta diperas, yang membawa, hingga yang meminta dibawakan.

2. Tidur Sesuai Sunah

Siapapun Bisa Melakukan Hidup Sehat Rasulullah
sumber: pixabay.com

Keseharian Rasul berikutnya yang bisa kita amalkan adalah pola tidur Nabi SAW. Pola tidur sehat Rasulullah adalah tidur siang selepas Dhuzur selama lima belas hingga tiga puluh menit dan tidur malam selepas Isya’.

Manfaat dari kebiasaan ini adalah untuk memudahkan umat muslim menjalankan salat tahajud di sepertiga malam. Selain itu, keseharian Rasul ini menjauhkan kita dari begadang. Tentunya kita semua tahu begadang membawa banyak dampak buruk seperti memicu timbulnya penyakit jantung, diabetes, dan stroke, serta melemahkan sistem imun.

3. Tidak Marah

Siapapun Bisa Melakukan Hidup Sehat Rasulullah
sumber: pixabay.com

Sifat lain Rasulullah yang patut kita tiru adalah tidak marah. Ada banyak hadis Rasulullah tentang menahan amarah. Salah satunya adalah “Jika kalian marah, diamlah.” (HR. Ahmad)

Nabi Muhammad SAW juga bersabda, “Apabila kalian marah, dan dia dalam posisi berdiri, hendaknya dia duduk. Karena dengan itu marahnya bisa hilang. Jika belum juga hilang, hendak dia mengambil posisi tidur.”

Dalam segi medis, marah juga membawa banyak dampak buruk seperti sakit kepala, susah tidur, rasa cemas, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung.

4. Berolahraga

Siapapun Bisa Melakukan Hidup Sehat Rasulullah
sumber: pixabay.com

Tentunya kita semua tahu bahwa banyak sekali manfaat dari rutin berolahraga. Mulai dari memperkuat otot jantung, meningkatkan jumlah kolesterol baik, menurunkan tekanan darah tinggi, hingga mencegah resiko osteoporosis. Berolahraga juga mampu memperbaiki suasana hati dan menumbuhkan kepercayaan diri.

Ada tiga olah raga favorit Rasulullah dan beliau menekankan orang tua untuk mengajarkan anaknya tiga olahraga ini. Mereka adalah berenang, memanah, dan menunggang kuda.

5. Menjaga Kebersihan

Siapapun Bisa Melakukan Hidup Sehat Rasulullah
sumber: pixabay.com

Lingkungan dan tubuh yang bersih adalah hal utama yang menjadikan jasmani dan rohani kita sehat. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan.” (HR Tirmidzi)

Dalam hal kebersihan, Rasulullah senantiasa bersiwak, berwudu, dan mandi setiap harinya. Sedangkan setiap minggu, beliau tidak pernah melewatkan memotong kuku dan mencukur kumis. Memangkas bulu kemaluan dan ketiak adalah kebersihan yang dianjurkan dilakukan satu bulan sekali.

6. Bersilaturahim

Siapapun Bisa Melakukan Hidup Sehat Rasulullah
sumber: pixabay.com

Tips hidup sehat Rasulullah yang keenam adalah menjalin silahturahmi. Dalam hadis riwayat Bukhari – Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahmi.” Mungkin kita bingung apakah kaitan silahturahmi dengan kesehatan?

Dalam segi medis, ternyata bersilahturahmi memberikan dampak baik yaitu menguatkan sistem imun tubuh, memperbaiki mood, dan memberikan kebahagiaan.

Selain mengajarkan tentang cara beribadah kepada Allah SWT, keseharian Rasul telah memberikan kita contoh untuk dapat hidup sehat lahir dan batin. Dengan mengamalkan enam kebaikan di atas, kita akan senantiasa merasa dekat dengan Allah SWT dan Rasulullah. Kita juga senantiasa sehat serta tidak mudah sakit.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close