KeislamanUmum

Yuk Intip, Apa Saja Keutamaan Puasa Ramadhan?

Kewajiban seorang muslim untuk berpuasa di bulan Ramadhan adalah pengamalan dari rukun Islam. Bulan Ramadhan, adalah bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan tersebut sangatlah istimewa bukan tanpa alasan, berikut adalah fungsi dan keutamaan puasa Ramadhan.

Bulan Diturunkannya Al – Qur’an

Kemuliaan bulan Ramadhan dapat dilihat dari turunnya Al – Qur’an yang merupakan kitab terakhir dan penyempurna kitab – kitab yang telah diturunkan sebelumnya. Turunnya Al – Qur’an dan keutamaan berpuasa Ramadhan sesuai dengan firman Allah SWT pada Q.S. Al Baqarah ayat 185 yang memiliki arti sebagai berikut:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”

Terdapat Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam dimana Al – Qur’an diturunkan oleh Allah SWT. Malam ini sangatlah penuh dengan keberkahan dan kemuliaan dimana nilainya lebih baik dari pada seribu bulan. Allah SWT berfirman dalam Q.S. Al Qadr ayat 1 – 3, dengan arti sebagai berikut:

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

Malam Lailatul Qadar tidak disebutkan terjadi pada malam keberapa, namun Nabi Muhammad SAW mengisyaratkan bahwa malam tersebut datang di 10 malam terakhir pada malam ganjil bulan Ramadhan. Alangkah baiknya apabila kita beribadah dengan sungguh – sungguh pada setiap malam, sehingga kita tidak akan melewatkan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan tersebut.

Bulan Penuh Pengampunan

Fungsi dan keutamaan puasa Ramadhan selanjutnya adalah pengampunan dosa – dosa yang telah kita lakukan di masa lampau. Tentunya dengan memohon ampun secara sungguh – sungguh sembari melaksanakan puasa. Memohonlah pengampunan dari Allah SWT dengan iman yang kuat, serta berharaplah untuk dilimpahkan pahalanya.

Ibadah Shalat Terawih yang Pahalanya Berlimpah

Istimewanya bulan Ramadhan tidak lepas dari shalat Terawih yang hanya dilaksanakan pada bulan tersebut. Amalan sunnah ini sangatlah dianjurkan, karena nilai pahalanya yang sangat besar. Nilai shalat Terawih setara dengan shalat semalam suntuk.

Tidak hanya itu, nilai kebaikan shalat tarawih ada banyak sesuai dengan waktunya. Sepuluh hari pertama adalah waktu penuh rahmat, sepuluh hari kedua adalah waktu penuh pengampunan, dan 10 hari terakhir atau ketiga adalah waktu penghindaran dari api neraka. Maka dari itu, lakukanlah ibadah Puasa beserta shalat Terawih ini sebulan penuh untuk mendapatkan rahmat-Nya.

Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup dan Setan – Setan Dibelenggu

Menurut hadis H.R. Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda
“Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu”

Riwayat tersebut sangat memotivasi kaum Muslimin untuk berlomba dalam kebaikan pada bulan Ramadhan. Allah SWT membukakan pintu surga agar hamba-Nya dapat menerima pahala yang berlipat ganda, sehingga memudahkan mereka dalam meraih amalan menuju surga-Nya.

Itulah beberapa fungsi dan keutamaan puasa Ramadhan. Sebagai seorang Muslim yang bertakwa, sudah seharusnya melaksanakan kewajiban berpuasa serta berlomba – lomba dalam kebaikan pada bulan tersebut. Tentu saja dengan harapan dapat mencapai surga-Nya dan diampuni segala dosa yang pernah dilakukan. Bukan berarti kita hanya berbuat baik dan rajin ibadah pada bulan Ramadhan saja, melainkan harus kita jadikan kebiasaan sebagai upaya untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT.

 

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close