KabarKeislamanUmum

Keutamaan Sholat Tepat Waktu Menurut Rasulullah yang Jarang di Ketahui Banyak Orang

Sholat menjadi kewajiban paling utama bagi umat Islam. Sholat jugalah yang menjadi tiang agama, seperti yang disampaikan Rasulullah SAW, “Inti segala perkara adalah Islam dan tiangnya yang merupakan sholat.” (HR. Tirmidzi no. 2616 dan Ibnu Majah no. 3973). Sayangnya, dalam praktiknya, masih banyak muslim yang menunda-nunda mengerjakan sholat dan bahkan ada yang sampai terlewat begitu saja. 

Padahal, Rasulullah menyontohkan kepada umatnya untuk menjalankan ibadah salat tepat waktu. Keutamaan sholat tepat waktu pun sangat banyak. Apa saja? Berikut beberapa keutamaan salat di waktu awal. 

  • Amalan Yang Paling Dicintai Allah SWT

Sholat menjadi bentuk keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Dalam HR Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah ditanya mengenai amalan apa yang paling disukai Allah SWT. Beliau menjawab, “Beliau menjawab, ‘Sholat pada waktunya’. Kemudian apa? Beliau menjawab, ‘Berbuat baik kepada kedua orangtua’. Kemudian apa? Beliau menjawab, ‘Jihad fi sabilillah’.”

  • Penghapus Dosa

Sebagai manusia, tidak ada yang luput dari dosa. Salah satu cara menghapus dosa-dosa yang kita miliki adalah dengan melaksanakan salat tepat waktu. Dari Usman Ibn Affan ra. berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Tidaklah seorang Muslim, ketika tiba waktu sholat wajib, lalu ia berwudu dengan sempurna, kemudian sholat dengan khusyu’ dan menyempurnakan rukunnya, kecuali dosa-dosa yang pernah dia lakukan akan diampuni selama tidak melakukan dosa besar. Dan itu berlaku sepanjang tahun’.” (HR Muslim)

  • Mencegah Sifat Munafik

Keutamaan sholat tepat waktu berikutnya adalah terhindar dari sifat munafik. Banyak dari kita lalai dalam sholat. Lalai di sini bisa jadi tidak mengerjakan sama sekali atau mengerjakan di luar waktu yang telah ditentukan. 

  • Senantiasa Mengingat Allah SWT

Dengan mengingat Allah, kita akan membiasakan diri menghindari perbuatan maksiat dan mendapatkan ketenangan hati. Untuk senantiasa mengingat Allah SWT, salah satu caranya adalah dengan sholat tepat waktu. Dalam QS Thaha ayat 14 berbunyi, “Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah sholat untuk mengingat Aku.”

  • Mendapatkan Pertolongan

Dalam kehidupan tentu kita akan dihadapkan dengan berbagai permasalahan. Dan sebaik-baiknya penolong adalah Allah SWT. Dengan sholat wajib lima waktu secara tepat waktu kita akan senantiasa mendapatkan pertolongan dan dijauhkan dari kesulitan. Dalam QS Al Baqarah: 153 berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

  • Mencegah Perbuatan Keji dan Mungkar

Sholat akan menjauhkan diri kita dari perbuatan keji dan mungkar. Namun apabila sholat yang kita kerjakan belum menjauhkan kita dari keburukan, maka kita harus meningkatkan kualitas ibadah sholat kita dan salah satunya adalah melaksanakan di awal waktu. Dalam QS: Al Ankabut: 45 berbunyi, “Dan sesungguhnya mengingat Allah (sholat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

Itu tadi enam keutamaan sholat tepat waktu. Menumbuhkan kebiasan sholat tepat waktu harus dimulai dengan disiplin dari kita sendiri. Selain kebaikan untuk bekal di akhirat nantinya, sholat wajib di awal waktu tentu juga akan membawa kebaikan bagi kita di dunia. 

Lihat jadwal sholat di lokasimu melalui aplikasi AmalSholeh

download aplikasi amalsholeh

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close