Doa

Simak Cara Agar Doa Dikabulkan Berikut Ini!

Doa merupakan salah satu ibadah Sunnah yang dianjurkan. Allah sendiri sudah berfirman dalam Al-Quran Surat Al-Mukmin Ayat 60 yang berbunyi:

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan aku kabulkan (doamu) bagimu. Sesungguhnya mereka yang sombong dalam menyembahku (karena tidak mau berdoa) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan sehina-hinanya.”

Meski sudah dianjurkan dan Allah bahkan menjamin akan mengabulkan, ada di antara kita yang mungkin merasa doanya belum dikabulkan. Bagaimana caranya agar doa yang kita panjatkan segera mendapatkan jawaban dari Allah? Simak beberapa rahasia terkabulnya doa berikut ini!

Lakukan dengan Khusyuk

Seperti halnya ketika kita meminta kepada orang lain, meminta kepada Allah juga memiliki adab. Adab pertama yang harus diperhatikan ketika berdoa adalah melakukannya dengan khusyuk, ikhlas dan dengan segenap kerendahan hati. Dalam keadaan inilah pikiran dan hati kita akan fokus kepada Allah. Berdoa juga sebaiknya tidak dilakukan dengan terburu-buru. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam Surat Al-Anbiya ayat 90 yang berbunyi:

“.. dan mereka yang berdoa kepada Kami dengan penuh pengharapan dan rasa cemas, merekalah orang-orang yang khusyuk kepada kami.”

Rasulullah saw. juga bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah yang artinya:

“Akan dikabulkan doa kalian jika kalian tidak berdoa dengan tergesa-gesa.”

Bersuci, Menghadap Kiblat dan Mengangkat Tangan

Adab berdoa selanjutnya yang harus diperhatikan agar segera terkabul adalah dengan bersuci terlebih dahulu. Walaupun berdoa bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, lebih diutamakan berdoa dalam keadaan suci dari najis. Dalam keadaan ini, kita akan lebih khidmat dalam memanjatkan doa.

Cara lain yang tidak kalah penting untuk dilakukan agar doa terkabul adalah menghadap kiblat sembari mengangkat kedua tangan. Anjuran ini sesuai dengan hadis Rasulullah saw. yang bunyinya:

“Sesungguhnya Allah Swt. Maha Pemalu dan Pemurah kepada hamba yang mengangkat kedua tangannya untuk berdoa. Allah tidak akan membiarkan kedua tangannya kembali dalam keadaan kosong dan hampa (tidak terkabul).”

Lakukan di Waktu Mustajab

Rahasia lain yang bisa membuat doa kita cepat dikabulkan adalah melakukannya di waktu mustajab. Waktu mustajab sendiri mengacu kepada waktu-waktu terbaik untuk berdoa. Pada waktu mustajab, peluang doa kita untuk dikabulkan akan semakin besar. Kapan saja waktu-waktu mustajab itu?

  • Sepertiga malam terakhir. Bangunlah di sepertiga malam terakhir untuk shalat tahajud dan berdoa.
  • Antara azan dan iqamat. Sembari menunggu imam maju, manfaatkan waktu yang singkat ini untuk berdoa.
  • Di akhir setiap shalat wajib
  • Saat khatib naik mimbar sampai berakhirnya waktu shalat Jumat
  • Di hari Jumat setelah shalat Ashar
  • Ketika turun hujan
  • Saat sujud dalam shalat

Berdoalah dengan Penuh Kesungguhan

Tidak hanya memanjatkan doa di waktu mustajab, doa juga akan lebih cepat dikabulkan ketika kita melakukannya dengan penuh kesungguhan. Rasa berserah diri dan berpasrah serta tidak ragu saat berdoa harus ditunjukkan baik dalam hati atau secara lisan. Dalam Surat Al-A’raf ayat 56, Allah berfirman:

“Dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan berharap (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah berada dekat dengan mereka yang berbuat kebaikan.”

Itulah beberapa cara agar doa kita terkabul. Jangan pernah bosan untuk memanjatkan harapan-harapan kita hanya kepada Allah agar kehidupan kita selalu diberkahi.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close