Doa

Doa Menghadapi Kesulitan Dan Keutamaannya

Pastinya setiap orang memiliki urusan hidupnya masing-masing. Namun, tak selamanya urusan tersebut dapat berjalan baik. Kadang apa yang kita harapkan tak sesuai dengan realita.

Faktanya, ada saja Ujian yang datang silih berganti, membuat urusan menjadi sulit untuk diatasi. Masalah seperti ini tak jarang membuat seseorang putus asa.

Sebenarnya, siapa pun tidak menginginkan terjadinya ujian berupa masalah dalam kehidupan kita, namun pada kenyataannya tidak ada yang bisa menghindarinya, sehingga sering membuat kita berburuk sangka kepada Allah SWT dan menganggap Allah SWT kejam. Padahal, ujian berupa masalah yang diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya sesuai dengan kesanggupan masing-masing, sebagaimana firman Allah SWT: “Allah tidak memberikan kesulitan kepada seseorang hamba melainkan sesuai dengan kesanggupannya”. [Al-Baqarah/2: 286].

Suatu ujian dari Allah SWT, sesungguhnya bukan berarti bahwa Allah SWT bermaksud menganiaya hamba-Nya. Tetapi sebaliknya, ujian merupakan kasih sayang Allah SWT kepada hamba-Nya karena dengan ujian tersebut ia akan dapat mengetahui manisnya iman, dzikir, dan taqarrub billah. Di sini tergambarkan, bahwa ujian merupakan rahmat dari Allah SWT kepada hamba yang disayangi-Nya. Allah SWT berfirman:

Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu benar-benar akan mendengar dari orang-orang yang diberi al-Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan [Âli ‘Imrân/3 : 186]

Manusia bisa saja sesekali mengeluh serta menangis karena hal tersebut normal dapat terjadi pada manusia. Sebagai makhluk ciptaan-Nya, sudah menjadi kewajiban jika manusia juga harus bangkit kembali. Selalu berusaha dalam perbaiki segala hal sekuat tenaga dan semaksimal mungkin. Akan tetapi, hal tersebut juga harus diiringi dengan doa.

Doa Menghadapi Kesulitan

Berikut akan kami bahas beberapa doa beserta artinya untuk menghadapi berbagai ujian hidup:

  • Doa Menghadapi Masalah

    Doa Menghadapi Masalah Sesuai Hadits Riwayat Ibnu Hibban dari Anas bin Malik RA:

    Allahumma la sahla illa ma ja’altahu sahla, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahla.

    Artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah.

  • Doa Menghadapi Masalah: Doa Memohon Pertolongan

    Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan.

    Artinya: “Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Maha Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekalipun sekejap mata mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

Doa Menghadapi Masalah Kehidupan

  • Doa Menghadapi Masalah: Doa Agar Pekerjaan Diberi Kesuksesan

    Allahumma innii as aluka khairal mas alati wa khairad du’aai wa khairan najaahi wa khairal ‘amali wa khairats tzawaabi wa khairal hayaati wa khairal mamaati tsabbitnii wa tsaqqil mawaaziinii wa haffif iimaanii warfa’ darajaati wa taqabbal shalawaatii waghfir khathii atii wa as alukad darajaatil ‘ulyaa fil jannati”

    Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan sebaik-baik permohonan, sebaik-baiknya doa, sebaik-baiknya keberhasilan, sebaik-baiknya amal perbuatan, sebaik-baiknya pahala, sebaik-baiknya kehidupan dan sebaik-baiknya kematian. Tetaplah padaku serta perberatlah timbangan amal kebaikanku, kokohkanlah keimananku, tinggikanlah derajatku, terimalah sholat-sholatku, ampunilah dosa kesalahanku, dan aku mohon kepada-Mu untuk mendapatkan tingkat tertinggi dalam surga.”

  • Doa Menghadapi Masalah : Doa Saat Merasa Galau dan Risau

    A‘ūdzu bi kalimātillāhit tāmmāti min ghadhabihī, wa ‘iqābihī, wa syarri ‘ibādihī, wa min hamazātis syayāthīni wa an yahdhurūn.

    Artinya, “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, siksa-Nya, keburukan hamba-Nya, gangguan setan, dan setan yang hadir.”

Doa ini akan dapat dibaca ketika perasaan galau dan cemas sedang melanda di malam hari, serta menghadapi berbagai masalah yang melanda dalam jalani kehidupan.

Doa Menghadapi Masalah untuk Lapangkan Pikiran

  • Doa Menghadapi Masalah: Doa Saat Dilanda Masa Cemas

    Subhānal malikil quddūs, rabbil malā’ikati war rūh, jallaltas samāwāti wal ardha bil ‘izzati wal jabarūt.

    Artinya, “Maha Suci Tuhan yang Kudus, Tuhan para malaikat dan Jibril. Kau besarkan langit dan bumi dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu.”

  • Doa Menghadapi Masalah : Doa Ashabul Kahfi

    Robbanaa aatinaa minladunka rohmataw wahayya lanaa min amrinaa rosyada.

    Artinya: “(Ingatlah) ketika pemuda-pemuda itu berlindung ke dalam gua lalu mereka berdoa, “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.” (Q.S Al Kahfi:10).

Doa Menghadapi Masalah yang Lainnya

  • Doa Menghadapi Masalah: Doa untuk Memohon Diberi Kebaikan

    Allahummaftah ‘Aalainaa Abwabaal Khairi Wa Abwaabal Barakati Wa Abwaaban Ni’mati Wa Abwaabal Quwwati Wa Abwaabashshihhati Wa Abwaabas Salaamati Wa Abwaabal Jannati. Rabbanaa Aatinaa Min Ladunka Rahmatan Wa Hayyi’ Lanaa Min Amtinaa Rasyadaa. Bismillaahi Tawakkaltu ‘Alallaahi Laa Haula Wa Laa Quwwata Illaa Billaah.

    Artinya: “Ya Allah, bukakanlah atas kami pintu-pintu kebaikan, pintu-pintu berkah, pintu-pintu nikmat, pintu-pintu kekuatan, pintu-pintu kesehatan, pintu-pintu keselamatan, dan pintu-pintu surga. Ya Allah ya Tuhan kami, berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami (ini). Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada-Nya, tidak ada daya serta kekuatan melainkan hanya dengan kekuasaan dan pertolongan Allah.”

  • Doa Menghadapi Masalah: Doa Nabi Musa Ketika Hadapi Firaun

    Rabbisy ra’hlii shodrii wassirlii amrii, wa’hlul u’qdatam millisaanii yafqohuu qoulii.

    Artinya: “Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

Demikian doa-doa beserta artinya, semoga bermanfaat bagi siapapun yang saat ini sedang Allah uji dengan kesulitan.

 

Leave a Reply

Back to top button
Close