Kesehatan

Pola Hidup Sehat Ala Nabi Muhammad

Memiliki pola hidup yang sehat bisa dipraktekkan dengan melihat tips sehat Ala Nabi Muhammad SAW. Sebab, beliau adalah sosok yang paling bugar karena selama hidupnya hanya 2 kali mengalami sakit. Yakni saat diracun oleh orang Yahudi dan saat menjelang akhir hayatnya.

Memang, Islam selalu mengajarkan dan akan membawa para pengikutnya kepada jalan yang baik dan benar. Bahkan untuk masalah gaya hidup dalam Islam juga sudah mengatur hal tersebut. mulai dari cara makan, cara tidur, dan berbagai hal lainnya. Tentu semua semata-mata demi terjaganya kesehatan dari umat Islam itu sendiri dan terhindar dari berbagai malapetaka.

Hal tersebut juga menunjukkan bahwa agama Islam memang menjadi agama yang rahmatan lil alamin dimana agama Islam membawa banyak maslahat atau manfaat bagi manusia. Dan dengan diutusnya Nabi Muhammad SAW oleh Allah SWT, tentu sangat membantu manusia dalam mendapatkan hal yang terbaik bagi kehidupannya.

Dewasa ini, gaya hidup sehat seakan menjadi hal yang tidak terlalu diperhatikan. Bahkan hampir seluruh sumber penyakit sebenarnya berasal dari gaya hidup yang tidak sehat tersebut. Seperti penyakit stroke contohnya, yang bisa timbul karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah akibat dari menumpuknya lemak yang terlalu banyak dikonsumsi sehari-hari.

Tips Sehat Ala Nabi Muhammad SAW

Beberapa tips sehat Ala Nabi Muhammad SAW yang dapat dicoba untuk dipraktekkan yakni:

1. Mengonsumsi Makanan Halal dan Bergizi

Tips sehat ala Nabi Muhammad SAW yang pertama ini menjadi yang utama. Selama hidupnya, beliau selalu mematuhi dasar hukum Islam untuk tidak memakan makanan haram. Sebab jika Allah SWT sudah memberi larangan, sudah pasti hal itu tidak baik untuk tubuh. Allah SWT berfirman:

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah.” (QS Al-Baqarah: 172)

Rasulullah SAW memiliki pola makan dengan mengonsumsi makanan bergizi, misalnya seperti makan kurma, madu, zaitun, dan sebagainya. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa setiap pagi mengkonsumsi tujuh butir kurma ‘Ajwah, maka pada hari itu ia akan terhindar dari racun dan sihir.” (HR Bukhari dan Muslim)

2. Menjaga Kebersihan dengan Mencuci Tangan

Nabi Muhammad SAW adalah seseorang yang selalu menyempurnakan wudhunya. Beliau mencuci tangannya sampai ke sela-sela hingga bersih. Oleh karena itu tidak heran jika Nabi tidak pernah mengalami gangguan pencernaan atau sakit perut, walaupun makan dengan menggunakan tangan.

Diriwayatkan oleh Laqith bin Shabrah, katanya, “Aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, kabarkan kepadaku tentang wudhu?’” Nabi berkata: “Sempurnakan wudhu-mu, dan sela-selah antara jari-jemarimu, dan bersungguh sungguhlah dalam memasukkan air ke dalam hidung kecuali jika kamu dalam keadaan berpuasa.” (HR Tirmidzi)

3. Membaca Doa dan Menggunakan Tangan Kanan

Cara makan Rasulullah SAW selalu membaca doa sebelum dan sesudah makan. Ini menjadi tips sehat Ala Rasulullah SAW karena bertujuan agar makanan yang dikonsumsi lebih berkah, menjadi obat, dan tidak membuat seseorang menjadi rakus.

Terkait penggunaan tangan kanan jika dikaji secara medis, makan dengan tangan kiri memang tidak bagus karena tangan kiri sering digunakan untuk mencuci area intim, sehingga kemungkinan bakteri bisa bersarang di dalam jari.

Dari Ibnu Umar r.a, Rasulullah SAW bersabda: “Jika salah seorang dari kalian makan, maka makanlah dengan menggunakan tangan kanan, dan jika ia minum, maka minumlah dengan menggunakan tangan kanan, karena sesungguhnya setan itu makan dan minum dengan menggunakan tangan kiri.” (HR Muslim)

4. Makan saat Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang

Menjadi tips sehat Ala Nabi Muhammad SAW, hal ini juga diterangkan oleh Allah SWT saat berfirman: “Makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (QS Al-A’raf: 31)

Dalam hadits lain diterangkan: “Kalau memang tidak ada jalan lain (memakan lebih banyak), maka berikan sepertiga untuk (tempat) makanan, sepertiga untuk (tempat) minuman dan sepertiga untuk (tempat) nafasnya.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

5. Tidur Malam yang Cukup

Nabi Muhammad SAW biasanya tidur sekitar pukul 21.00 atau selepas sholat isya’, Kemudian bangun di sepertiga malam terakhir. Menurut penelitian, ternyata pukul 9 malam sampai 3 pagi adalah waktu tubuh mengalami proses metabolisme yang dapat berlangsung optimal hanya bila tubuh dalam kondisi rileks atau tidur.

6. Berolahraga

Salah satu gaya hidup sehat Rasulullah SAW yakni dengan menerapkan olahraga. Menurut riwayat hadits, Beliau memiliki tubuh bugar dan apabila berjalan langkahnya juga cepat. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata:

“Aku belum pernah melihat orang yang lebih baik dan lebih tampan dari Rasulullah; roman mukanya secemerlang matahari, juga tidak pernah melihat orang yang secepat beliau. Seolah-olah bumi ini digulung oleh langkah-langkah beliau ketika sedang berjalan. Walaupun kami berusaha untuk mengimbangi jalan beliau. Tapi beliau tampaknya seperti berjalan santai saja.”

7. Berpuasa

Ini sudah dibuktikan di beberapa penelitian baik lokal maupun internasional bahwa puasa itu baik untuk kesehatan. Misalnya study Hikmah IAIN Sumatera Utara yang mencatat, bahwa secara medis puasa bisa membersihkan racun dan zat yang menumpuk pencernaan saluran, ginjal, dan organ lainnya.

Beberapa manfaat puasa adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, mengoptimalkan pengeluaran racun tubuh, memperlambat tanda-tanda penuaan dini dan menyehatkan organ-organ vital.

Selain itu, puasa juga wajib agar manusia bertakwa menurut Surah al-Baqarah. Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa.” (QS Al Baqarah: 183)

Demikian tips sehat ala Nabi Muhammad SAW. Semoga kita semua sebagai seorang muslim bisa meneladani dan mengamalkannya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close