Doa

Inilah Beberapa Penyebab Mengapa Doa Tidak Terkabul

Berdoa bukan hanya sekadar ibadah melainkan menjadi cara kita untuk meminta dan mengadu kepada Allah Swt.. Ada berbagai hal yang dapat diminta seorang hamba kepada Allah, mulai dari meminta agar rezeki dilancarkan, dimudahkan segala urusan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Meskipun Allah sudah menjamin akan mengabulkan doa hamba-Nya yang meminta, ternyata ada beberapa kondisi yang membuat doa seseorang terhalang dan tidak dikabulkan. Simak beberapa hambatan dikabulkannya doa berikut ini!

Dosa dan Memakan Sesuatu yang Haram

Kita memang tidak bisa terlepas dari dosa, tetapi Allah akan selalu membuka pintu maaf bagi siapa saja yang segera bertaubat. Membiarkan diri dalam keadaan berdosa tanpa meminta ampun ternyata bisa menyebabkan doa tidak dikabulkan. Karena itu, sering-seringlah beristighfar dan senantiasa memperbaiki diri.

Dosa lain yang kerap tidak disadari adalah ketika kita menggunakan harta dari sesuatu yang haram, baik itu makanan, minuman maupun pakaian. Hal ini sudah dijelaskan oleh Rasulullah saw. dalam sebuah hadistnya:

“Nabi menceritakan tentang seorang pria yang selalu berdoa sambil mengangkat tangan ke langit kemudian berkata, ‘Wahai Tuhanku! Wahai Tuhanku!’ Padahal makanan yang dia makan berasal dari yang haram, minumannya harap dan pakaiannya pun haram. Lantas, bagaimana Allah hendak mengabulkan doanya?” (HR Muslim).

Memutuskan Silaturahmi

Perbuatan lain yang juga bisa menghalangi terkabulnya doa adalah memutuskan tali silaturahmi dengan orang lain. Orang yang sengaja memutus tali persaudaraan dengan saudaranya tidak akan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya sesuai dengan sabda Rasulullah saw.:

“Terdapat beberapa golongan dari umatku yang tidak dikabulkan doanya. Sebagian di antaranya adalah mereka yang berdoa untuk memutus tali silaturahmi.”

Mendikte Allah

Berdoa memang menjadi cara bagi kita untuk meminta kepada-Nya. Namun, bukan berarti permintaan kita hanya terkait dengan nafsu duniawi saja. Allah memang Maha Mengabulkan. Namun, berdoa dengan cara mendikte Allah sama sekali tidak dibenarkan dalam Islam. Kita hendaknya percaya bahwa Allah Maha Mengetahui tentang apa yang kita butuhkan. Jadi doa itu sebenarnya bukan tidak terkabul, melainkan terkabul dengan cara yang Allah kehendaki.

Hati yang Kotor dan Sombong

Salah satu penyebab hati menjadi keras dan kotor adalah jika terlalu banyak perbuatan maksiat yang kita lakukan. Ketika hati sudah kotor, maka akan sulit berdoa dengan tulus dan ikhlas. Inilah yang menjadi penyebab kenapa doa kita pada akhirnya tidak dikabulkan.

Selain hati yang kotor, cara berdoa yang bernada sombong tidak akan sudi didengar oleh Allah. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadis yang artinya:

“Jika kamu berdoa, janganlah kamu berkata, ‘Ya Allah ampunilah aku kalau Engkau mau. Rahmatilah aku kalau Engkau mau dan berilah aku rezeki kalau Engkau mau.’” Berdoa dengan cara yang sombong seperti ini akan sulit terkabul.

Jarang Berdoa

Berdoa bukan sekadar cara untuk meminta sesuatu. Jadi, jangan sampai kita hanya berdoa ketika sedang ada maunya saja. Kebanyakan orang baru berdoa ketika hidupnya susah dan lupa melakukannya lagi ketika sudah senang.

Itulah beberapa penyebab yang bisa membuat doa kita tidak dikabulkan Allah. Dengan menghindari hal-hal di atas, kita bisa berdoa dengan lebih khusyuk dan ikhlas. Bukan semata-mata hanya karena kita merasa butuh, tetapi karena merasa bahwa dengan berdoa, hidup kita menjadi lebih tenang dan dekat pada-Nya.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close