PendidikanSedekahUmum

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Sedekah adalah pengamalan harta maupun non-harta pada jalan Allah SWT, di luar kewajiban untuk berzakat.  Sedekah tidak hanya terbatas pada menyisihkan harta kepada yang membutuhkan, namun juga mencakup dzikir dan perbuatan baik lainnya. Seorang muslim dianjurkan untuk merawat sifat kedermawanannya dengan melakukan sedekah.

Sedekah tidak akan mengurangi harta, malah akan bertambah dan semakin berkah. Hal ini dijelaskan dalam Surah Saba ayat 39, yang memiliki arti: “Barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya, dan Dialah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” Selain itu, dilipatgandakan juga pahala orang yang bersedekah dengan perasaan ikhlas, sesuai dengan Surah Al-Baqarah ayat 261.

Sedekah memang bisa dilakukan kapan saja, lebih baik lagi dilakukan pada bulan Ramadhan. Hal tersebut telah diriwayatkan dalam Hadis Riwayat Al-Baihaqi, dimana Nabi Muhammad SAW menjawab pertanyaan tentang sedekah mana yang paling utama, Rasulullah SAW menjawab ketika itu, “Sedekah yang paling utama adalah sedekah pada bulan Ramadhan.”

Sedekah memiliki banyak manfaat, baik untuk diri sendiri, hubungan kepada Allah SWT dan juga kepada sesama manusia. Ada beberapa keutamaan sedekah di bulan Ramadhan, mari simak artikel ini lebih lanjut! 

Dapat Menghapus Dosa

Diampuninya dosa karena sedekah tetap harus disertai dengan taubat. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi). Akan tetapi, ini tidak berlaku untuk mereka yang dengan segaja akan melakukan maksiat dan melakukan sedekah sebelum melakukannya, semata – mata untuk merasa aman atau agar “impas” jadi tidak menghasilkan dosa.

Hal tersebut tidak dibenarkan, dan merupakan dosa besar. Allah SWt berfirman dalam Surah Al-A’raf ayat 99: “Maka apakah mereka merasa aman dari azab Allah? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi.” Sesungguhnya Allah SWT adalah maha besar dan maha mengetahui, termasuk isi hati atau niat kita.

Mendapat Naungan di Hari Akhir

Rasulullah SAW menceritakan bahwa ada 7 jenis manusia yang akan mendapat naungan dari Allah SWT di hari akhir, dan salah satunya adalah orang yang bersedekah. Lebih tepatnya, sesuai dengan Hadis Riwayat Bukhari berikut: “Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” Bisa dikatakan bahwa kita harus bersedekah tanpa mengumbar – umbar tentang apa yang sudah disedekahkan.

Pahalanya Dilipatgandakan oleh Allah SWT

Keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan lainnya adalah dilipatgandakannya pahala yang didapat. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan kebaikan, sehingga segala amalan baik yang ikhlas dilipatgandakan, selain itu pintu ampunan Allah SWT juga dibuka sebesar – besarnya. Allah SWT berfirman dalam Surah Al Hadid ayat 18: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.”.

Jaminan Surga

Melaksanakan puasa di bulan Ramadhan adalah berkah dan merupakan ibadah yang mulia. Apabila digabungkan dengan sedekah dan sholat malam maka jaminannya adalah surga Allah SWT. Nabi Muhammad SAW bersabda: “Sesungguhnya di surga terdapat ruangan-ruangan yang bagian luarnya dapat dilihat dari dalam dan bagian dalamnya dapat dilihat dari luar. Allah menganugerahkannya kepada orang yang berkata baik, bersedekah makanan, berpuasa, dan shalat dikala kebanyakan manusia tidur.” (HR. At Tirmidzi no.1984, Ibnu Hibban di Al Majruhin 1/317, dihasankan Ibnu Hajar Al Asqalani di Hidayatur Ruwah, 2/47, dihasankan Al Albani di Shahih At Targhib, 946)

Itulah beberapa keutamaan bersedekah di bulan Ramadhan. Tidak semua orang dapat bertemu kembali dengan bulan suci Ramahdan. Maka dari itu, marilah kita memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan untuk menjadi insan yang lebih baik, serta memaksimalkan ibadah dan taubat untuk mendapatkan berkah, pengampunan dan pahala melimpah dari Allah SWT. Semoga artikel ini bermanfaat, dan mohon maaf apabila ada salah kata.

Sumber:
https://tirto.id/hukum-memperbanyak-sedekah-di-bulan-puasa-ramadhan-dalil-fcD4
https://dalamislam.com/akhlaq/amalan-shaleh/keutamaan-sedekah-di-bulan-ramadhan
https://infakyatim.id/inspirasi/keutamaan-sedekah-dibulan-ramadhan

 

 

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close