Sedekah

Keutamaan Sedekah Kepada Anak Yatim, Point Ke 3 Sering Tidak Kita Bayangkan Manfaatnya

Melakukan sedekah kepada anak yatim memiliki banyak keutamaan. Yuk, simak keutamaan sedekah anak yatim yang perlu diketahui.

Bersedekah merupakan salah satu perbuatan mulia yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Dengan bersedekah, kita telah membantu banyak orang yang membutuhkan, termasuk anak yatim. Bersedekah kepada anak yatim tidak akan mengakibatkan harta hilang. Justru membuka pintu rezeki lainnya. Berikut ini merupakan keutamaan sedekah anak yatim.

1. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah

Siapa yang tidak ingin mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah taala? Pahala tersebut bisa didapatkan dengan melakukan sedekah terhadap anak yatim. Hal ini tertuang dalam Surah Al-Hadid ayat 18, sebagaimana Allah taala berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pahalanya) kepada mereka dan bagi mereka pahala yang banyak.”

Perbuatan mulia ini juga dapat menunjukkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Swt.

2. Mendapatkan Rezeki

Salah satu keutamaan sedekah anak yatim adalah mendapatkan rezeki. Ketika sedekah dilakukan terus menerus, maka pintu rezeki lainnya akan terbuka. Harta akan berlipat ganda. Allah bahkan telah menjaminnya sebagaimana tertuang dalam Surah Al-Baqarah ayat 261: Allah berfirman:

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

3. Mencegah Mara Bahaya dan Bala Bencana

Ketika rezeki berlimpah, ada bagian dari rezeki tersebut merupakan hak anak yatim. Bersedekah ini tidak hanya menghindarkan diri dari mara bahaya dan bala bencana. Akan tetapi, sedekah juga dapat menyelamatkan banyak orang yang kelaparan. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh H.R Imam Baihaqi, Rasulullah saw. bersabda:

“Tidak ada musibah serta bencana yang dapat mendahului sedekah. Di waktu yang sama, beliau juga mengungkapkan kalau sedekah mampu menutup 70 pintu kejahatan.”

4. Mendapatkan Kesempatan untuk Dekat dengan Rasulullah di Surga

Bersedekah tidak harus berupa uang. Bentuk kepedulian dan kasih sayang juga bisa menjadi bentuk sedekah. Sebagaimana dalam hadis yang diriwayatkan dalam HR. Bukhari, dijelaskan:

“Dari Sahl bin Sa’ad dia berkata: Rasulullah bersabda: “Aku dan orang yang menanggung anak yatim yaitu kedudukannya di surga seperti ini”, kemudian beliau mengisyaratkan jari telunjuk dan jari tengah beliau, serta agak merenggangkan keduanya.

Dari hadis di atas dapat disimpulkan bahwa orang yang sedekah anak yatim akan mendapatkan posisi istimewa, yaitu mendapatkan kesempatan untuk disandingkan bersebelahan dengan Rasulullah di surga.

5. Membuat Hidup Lebih Bahagia

Bersedekah dapat membuat hati lebih tenang dan hidup lebih bahagia. Sebagaimana diriwayatkan oleh Abuz Zinad dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a, bahwa ia pernah mendengar Rasulullah bersabda:

“Perumpamaan orang yang bakhil (kikir) dan orang yang munafik (membelanjakan hartanya di jalan yang diridai Allah), bagaikan dua orang laki-laki yang mengenakan baju besi untuk menutupi bagian dari dada hingga ke tulang selangkanya. Orang yang munafik tidak membelanjakan hartanya kecuali untuk baju besi yang menutupi kulitnya, sehingga dapat menutupi jari-jarinya dan menghilangkan jejak kaki bekas ia berjalan. Sedangkan orang yang kikir, ia tidak mau membelanjakan sesuatu pun kecuali sekedar baju besi yang melekat dan terlalu sempit bagi tubuhnya, sehingga ketika ia merasa terimpit oleh baju besinya, ia pun berusaha membuatnya lebih lebar, namun baju besi itu sedikit pun tidak melebar.”

Inilah beberapa keutamaan sedekah anak yatim yang perlu diketahui. Jangan takut untuk menyedekahkan harta di jalan Allah. Semakin sering bersedekah semakin banyak anak yatim terbantu. Lakukan dengan ikhlas semata-mata untuk mendapatkan keridaan Allah Swt. Insyaallah rezeki akan menjadi berlipat ganda.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close