KeislamanKisah InspiratifUmum

Perintah Allah Untuk Bersabar, Point Terakhir Yang Sering Tidak Kita Sadari

Ada sangat banyak ayat AL-Qur’an yang menjelaskan keutamaan sabar. Walaupun bukan perkara mudah, kewajiban sabar adalah tugas bagi kita semua sebagai seorang muslim. Secara umum, sabar diartikan sebagai tabah, tidak mudah marah, tidak tergesa-gesa, dan tidak terburu nafsu. Nah mengapa kita memiliki kewajiban sabar? Mari kita simak bersama.

Perintah Allah Subhanahu Wata’ala

Dalam QS Al-Baqarah ayat 153, Allah SWT berfirman, “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Di dalam ayat ini kita tahu pentingnya sabar dan salat sebagai amalan di dunia. Walaupun bisa dibilang sebagai amal batin yang tidak mudah, hendaklah kita tetap berusaha untuk senantiasa bersabar.

QS Ali Imran ayat 200 berbunyi, “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kalian dan kuatkanlah kesabaran kalian dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negeri kalian) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kalian beruntung.”

Jaminan Pertolongan Allah SWT

Saat mendapatkan ujian atau cobaan, mungkin banyak dari kita yang mengeluh dan menyalahkan keadaan. Padahal sesungguhnya apabila kita mampu bersabar, Allah SWT akan mengganti apa yang diambil-Nya dengan nikmat dan berkah lebih.

Dalam QS Al-Baqarah 155, Allah SWT berfirman, “Dan berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” Pada ayat 157 kemudian tercantum, “Mereka (orang-orang yang sabar) itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhannya dan mereka itulah orang-orang yang mendapatkan petunjuk.”

Pahala yang Lebih Banyak

Selain mendapatkan pertolongan dari Allah SWT, di ayat lain dalam Al-Qur’an kita juga bisa belajar bahwa dengan mampu melaksanakan kewajiban sabar, kita akan mendapatkan ganjaran pahala yang sangat besar.

“Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS An-Nahl: 96). Dalam QS Al-Zumar ayat 10 juga berbunyi, “Hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

Allah SWT Menjanjikan Surga

Seperti halnya ibadah-ibadah lain, kita pun juga harus berlatih dalam menjalankan kewajiban sabar. Karena bersabar dengan penuh keikhlasan bukanlah hal yang bisa senantiasa kita lakukan. Ada kalanya kita mampu bersabar namun sering kali kita terpancing emosi dan amarah di mana kita seharusnya melawan hawa nafsu.

Namun tahukah bahwa ganjaran atas ibadah sabar kita adalah surga? QS Alfurqaan ayat 75 berbunyi, “Mereka itulah orang-orang yang dibalas dengan kedudukan-kedudukan tinggi (di surga) dengan sebab kesabaran mereka.”

Menjadikan Kita Lebih Sehat

Banyak dari kita tidak menyadari bahwa sebenarnya sabar memberikan kita kesehatan fisik dan mental lebih baik. Bagaimana bisa? Saat kita mampu mengatur emosi, sistem-sistem dalam tubuh akan menjadi stabil. Selain itu, dalam kondisi sabar, jantung menjadi normal. Bandingkan dengan saat kita dalam keadaan marah.

Nah salah satu cara untuk bisa meredam emosi adalah dengan mengambil wudu. Layaknya air yang mampu memadamkan api, emosi kita pun akan secara otomatis menguap saat wajah, kepala, tangan, dan kaki terbasuh oleh air wudhu.

Cara lain yang bisa kita lakukan agar bisa bersabar saat dihadapkan dengan situasi yang menguras emosi adalah dengan menarik napas panjang dan berempati kepada orang lain. Jika berhasil menahan emosi, kita bisa menjadi rileks dan otot tidak akan tegang.

Pembahasan tentang kewajiban sabar cukup banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Dari sini hendaknya kita belajar bahwa walaupun bukan hal yang mudah unuk dilakukan, kita senantiasa berusaha untuk menunjukkan ketakwaan kepada Allah SWT lewat sabar.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close