KabarKaidah FikihTipsUmum

Sibukkan Diri dengan Amal Sholeh, Lakukan Ini Agar Konsisten

Siapakah manusia yang paling bahagia dan beruntung? 

Jawabannya, mereka yang menempatkan dunia sebagai ladang menunaikan amal sholeh. Namun, belum banyak orang yang mampu memahami dan menyadari hal tersebut. Padahal, iman baru satu dari sekian “amunisi” manusia untuk memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat.

Ingat, amal adalah buah dari iman. Dengan menjadikan iman sebagai pendorong diri untuk beramal sholeh, semakin banyak orang yang paham bahwa dunia sejatinya menjadi tempat persiapan menuju akhirat. 

Untuk memahami perlunya menyibukkan diri dengan beramal shaleh, mari simak penjelasan berikut ini.

Amal Sholeh Sebagai Bekal

Dari sudut pandang seorang mukmin sejati, mengejar berbagai kepuasan duniawi bukan lagi prioritas. Baginya, dunia adalah tempat ibadah, tempat berjihad, tempat bersedekah, dan tempat berlomba dengan sesama untuk meraih kebaikan dalam bentuk surga. 

Atas usaha yang dilakukan, ia berharap dapat tergolong muslim yang bertakwa. Baginya, takwa adalah bekal meraih kebahagiaan sejati, seperti firman Allah berikut:

“Berbekaliah. Sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa.” (QS Al-Baqarah:197)

Mengingat kehidupan dunia hanya sementara, tempatkan iman sebagai pendorong diri atau motivasi untuk beramal sholeh secara konsisten. Hanya amal sholeh ini yang akan menjadi teman setia perjalanan kita nanti setelah menghadap Sang Khalik. 

Maka, beramal sholeh dapat diawali dengan apa yang kita punya, baik itu berupa ilmu, harta, atau sekadar senyuman. Saat kesempatan berbuat baik hadir, meski kecil, tetap berusaha untuk memaksimalkannya. 

 

Manfaat Beramal Sholeh

Siapa saja yang beramal sholeh akan menikmati beragam manfaat, seperti disampaikan di bawah ini.

  • Mendapat tambahan petunjuk

Kebajikan yang diperbuat melalui amal akan memberikan kita tambahan petunjuk dari Allah, sebagaimana ditegaskan dalam Al-Quran.

“Dan Allah akan menambah petunjuk kepada mereka yang telah mendapat petunjuk. Dan amal kebajikan yang kekal itu lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu dan lebih baik kesudahannya.” (QS Maryam:76)

  • Mendapatkan ampunan dan pahala yang besar

Allah sudah menyatakan hal ini dalam QS Al-Maidah 5 ayat 9 tentang janji Allah kepada orang-orang beriman dan beramal sholeh. Siapa pun yang menunaikan amalan sholeh dengan berlandaskan iman, maka mereka akan mendapat pengampunan dan pahala besar.

  • Memperoleh kehidupan yang layak dan baik

Ganjaran kebajikan tidak pernah salah sasaran. Siapapun yang sudah mengerjakan kebajikan dengan berlandaskan iman, Allah akan memberikan kehidupan layak dan baik, berikut pahala yang berkali lipat melebihi apa yang dikerjakan.

  • Dosa-dosanya dihapuskan

Ingat bukan bahwa amal adalah buah iman? Maka, mereka yang taat akan menjadikan iman sebagai motivasi menyibukkan diri dengan beramal sholeh. Hal tersebut juga sudah tertuang dalam Al-Quran, seperti pada ayat berikut.

“Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, pasti akan Kami hapus kesalahan-kesalahannya dan mereka pasti akan Kami beri balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.” (QS Al-Ankabut : 7)

  • Terhindar dari kerugian dunia dan akhirat

Seperti telah diungkapkan di atas bahwa dunia hanya persiapan menuju akhirat. Sebaik-baiknya kita hidup di dunia, tetap perlu menyibukkan diri dengan melakukan perbuatan baik yang disukai Allah. Dengan beramal sholeh, kita dapat terhindar dari kerugian dunia dan akhirat.

Agar Konsisten Beramal Sholeh

Lantas, apa yang dapat kita lakukan agar mampu menyibukkan diri beramal sholeh secara konsisten? 

  1. Lakukan amal sholeh meski sedikit. Allah lebih menyukai orang yang tekun dan konsisten beramal sholeh walau jumlahnya kecil. Contoh, salat malam berjumlah sedikit lebih baik dibandingkan meninggalkannya.
  2. Lakukan amal sesuai kemampuan dan keilmuan yang dimiliki.
  3. Minta pertanggungjawaban diri sehingga ada rasa bersalah karena meninggalkan perbuatan baik. Akibatnya, kita termotivasi terus beralam sholeh.
  4. Bangun pertemanan positif dengan orang-orang sholeh yang mengingatkan kita pada berbagai kebaikan.
  5. Pahami apa saja keutamaan beramal sholeh.
  6. Bangun tekad untuk beramal sholeh dengan berserah, bertobat, dan berdoa kepada Allah agar dikaruniai pertolongan dalam menjalani hidup. 
  7. Sadari bahwa ketekunan beramal sholeh jadi jalan menuju tujuan yang lebih mulia, yaitu menggapai surga di akhirat dan mendapat tempat istimewa di sisi-Nya. 

Iman dan amal sholeh akan membuat seorang mukmin selalu waspada dan mawas diri. Maka, mulailah menyibukkan diri dengan beramal sholeh supaya kehidupan dunia kita lebih bermakna sekaligus menabung bekal untuk di akhirat kelak. 

 

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close