SedekahTips

6 Keutamaan Sedekah Rutin, Mulai Sekarang, Yuk!

Bersedekah bukan soal besar kecil nilai yang diberikan, tetapi seberapa sering sedekah rutin dilakukan. Ini terkait upaya memberikan bantuan terhadap mereka yang berhak menerima, selain zakat fitrah dan kewajiban zakat. 

Lagi pula, bersedekah tidak melulu membicarakan pahala. Justru dengan berbagi, kita dapat lebih bahagia dan memberi manfaat bagi orang lain. Bagaimana keutamaan sedekah rutin yang perlu diketahui? Mari simak penjelasan berikut ini. 

Keutamaan Bersedekah

Pertama, ketahui dahulu apa arti bersedekah. Berasal dari bahasa Arab ‘ash-shadaqah’, kata ini bermakna memberikan sesuatu tanpa meminta atau berharap balasan dari manusia. Karena kelak Allah yang akan membalas dalam bentuk pahala, baik diganjarkan langsung maupun di masa mendatang. 

Lalu, bagaimana keutamaan bersedekah? 

  • Menghapus dosa dan memperingan sakaratul maut

Bersedekah dipandang dapat mensucikan diri manusia dari dosa. Hal tersebut pernah disampaikan sendiri oleh Nabi Muhammad Saw. melalui sabda berikut.

“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api.” (HR. At-Tirmidzi)

Dengan kata lain, inilah cara mudah yang ditawarkan Allah untuk mengurangi dosa-dosa kita. Bahkan, bersedekah tidak melulu soal uang karena senyuman juga dapat menjadi ladang pahala. 

Selain itu, bersedekah rutin sesuai tuntunan Rasulullah Saw. juga bisa menjadi jalan memperoleh kematian yang khusnul khatimah, seperti disampaikan melalui sabda-Nya berikut ini.

“Sedekah meredakan kemarahan Allah dan menangkal (mengurangi) kepedihan sakaratul maut (dalam buku Fiqh Sunnah karangan Sayyid Sabiq)

  • Mendekatkan Sumber Rezeki

Merasa belakangan rezeki sedang seret? Atau terus mengalami berbagai kesulitan keuangan?

Mari simak sabda Rasulullah Saw. berikut.

Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi)

“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588)

Kedua sabda di atas menegaskan hal serupa bahwa bersedekah adalah cara yang tepat untuk berbagi rezeki. Bukan hanya menghapus dosa-dosa diri, tetapi keutamaan bersedekah justru mendekatkan sumber rezeki kepada kita. 

Ketika kita yakin bersedekah karena Allah, kelak Allah akan menggantikannya dengan sesuatu yang lebih baik. Bersedekah juga tidak mengurangi rezeki karena makin sering berbagi, kita akan makin disayangi oleh sesama. Jadi, tangan yang dibantu akan menjadi perantara rezeki dari Allah. 

  • Allah Melipatgandakan Pahala Mereka yang Bersedekah

Sedekah sekecil apa pun pasti Allah akan melihatnya. Sang Maha Melihat atau al-Basir akan melipatgandakan pahala mereka yang bersedekah, seperti tercantum dalam firman berikut.

“Perumpamaan orang-orang yang mendermakan (shodaqoh) harta bendanya di jalan Allah, seperti (orang yang menanam) sebutir biji yang menumbuhkan tujuh untai dan tiap-tiap untai terdapat seratus biji dan Allah melipat gandakan (balasan) kepada orang yang dikehendaki, dan Allah Maha Luas (anugerah-Nya) lagi Maha Mengetahui.”

Selalu siapkan hati yang tulus saat menjemput keutamaan bersedekah. Kelak sikap ini akan membuat kita beroleh pahala yang berlipat ganda karena rezeki Allah dapat turun dari sumber yang mungkin tidak kita sangka.

  • Memperoleh Keberkahan Jiwa dan Harta

Bersedekah bisa kita jadikan salah satu bahasa cinta kepada sesama makhluk hidup. Sebab melihat bagaimana orang lain bahagia dan bersyukur karena menerima rezeki dari kita akan membuat kita juga ikut bahagia. 

Allah meyakinkan kita bahwa manusia itu senang didoakan. Jika kita gemar bersedekah, betapa beruntungnya kita karena akan memperoleh doa dari mereka yang kita bantu. 

“Allah melapangkan dan menyempitkan rezeki bagi siapa yang dikehendaki-Nya.” (QS Saba 34: 39)

  • Mendapatkan Perlindungan Saat Hari Kiamat

Rasulullah Saw. telah menyatakan siapa saja orang yang akan memperoleh perlindungan di hari kiamat kelak. Orang yang rajin bersedekah rutin adalah salah satunya, seperti tercantum dalam sabda berikut. 

“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, maka ia menyembunyikan amalnya itu sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya.” (HR. Bukhari)

  • Malaikat Akan Mendoakan Kita

Siapa yang tidak ingin didoakan oleh para malaikat? Ya, rezeki tidak melulu datang dalam bentuk materi, tetapi juga non materi seperti doa para malaikat. Mereka yang gemar bersedekah akan lebih dikenal oleh penduduk langit. Ini juga Rasulullah Saw. melalui sabda:

“Tidak ada hari yang disambut oleh para hamba melainkan di sana ada dua malaikat yang turun salah satunya berkata ‘ya Allah, berikanlah ganti kepada orang-orang yang berinfaq sedangkan (malaikat) yang lainnya berkata ‘ya Allah, berikanlah kehancuran kepada orang orang yang menahan (hartanya)” (HR. Bukhari-Muslim)

Keutamaan sedekah rutin di atas sudah cukup menjelaskan apa saja manfaat perbuatan mulia ini. Satu hal yang perlu diingat, untuk memperoleh keutamaan bersedekah tidak melulu harus menggunakan uang. Selalu menempatkan diri untuk menjadi tangan di atas daripada tangan di bawah adalah langkah bijak.

Bersedekah dapat disampaikan melalui apa pun yang kita miliki. Mulai dari senyuman, pertolongan kepada mereka yang mengalami kesulitan, hingga berbagi ilmu. Pendek kata, bersedekah adalah ibadah sosial yang membangun makna hidup manusia agar lebih bermanfaat. Yuk, jadikan kebiasaan sedekah rutin sebagai gaya hidup sekarang juga! 

 

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close