SedekahTips

TIPS AGAR BISA BERSEDEKAH RUTIN MESKIPUN GAJI PAS-PASAN

Konon, sedekah akan melipatgandakan rezeki. Tidak hanya itu, bersedekah juga membuat pemberinya bahagia. Siapa yang tidak senang melihat orang lain tersenyum karena kita. Sungguh sebenarnya kita yang punya kebutuhan untuk merasa berguna bagi orang lain.

Sedekah yang dilakukan meski sedikit tapi rutin, lama-lama akan menjadi tumpukan kebaikan untuk orang yang bersedekah. Di sisi lain juga menjadi keberkahan bagi mereka yang menerima kebaikan yang telah diberikan.

Tapi, bagaimana kalau gaji kita pas-pasan, dengan segenap kebutuhan bulanan yang makin mahal dan aneka cicilan yang belum tuntas? Supaya tetap bisa bersedekah tanpa menunggu sampai kaya, inilah cara bersedekah meskipun gaji masih pas-pasan.

1. Beli sebungkus nasi untuk orang di jalanan

Belilah sebungkus nasi dengan lauk sederhana, sayur dan tempe goreng misalnya. Dengan harganya yang murah meriah, tidak sampai sepuluh ribu kita bisa membantu orang lain. Di luar sana tidak semua orang bisa menikmati makan seperti itu.

Dengan memberikan menu itu pada pengemis, anak jalanan, atau tukang becak niscaya akan membuat kita makin bersyukur atas rejeki yang kita dapat. 

2. Simpan mukena dan Al Quran di masjid

Mukena semasa kecilmu sudah tidak cukup? Punya Al Quran yang tidak terpakai karena di rumah jumlahnya masih banyak? Ada karpet yang dirasa sudah tidak diperlukan? Sumbangkan saja itu ke mushola atau masjid. Nantikan pahala dari tiap jamaah yang menggunakannya untuk sholat dan beribadah..

3. Beli sendal untuk keperluan wudhu

Kadang, seseorang lupa membawa sandal jepitnya sendiri saat hendak berwudhu. Dengan menyediakan yang baru di sekitar area wudhu, sedekahmu tidak akan sia-sia meskipun harga barangnya tidak seberapa.

4. Beli peralatan kebersihan sederhana. Untuk kepentingan tempat ibadah.

Tempat ibadah juga perlu selalu dibersihkan agar nyaman saat dikunjungi umatnya. Untuk itu, barang-barang seperti sabun batang dan tisu (untuk toilet tempat ibadah), cairan pembersih dan alat pel, kemoceng, sapu lantai, serta sapu lidi akan selalu berguna. Tidak hanya untuk kenyamanan ibadahmu, melainkan juga kenyamanan ibadah puluhan bahkan ratusan umat lain.

5. Jangan buang sisa makanan

Jika kamu masih sanggup membeli makanan khusus kucing atau anjing, kamu bisa mengambilnya sedikit untuk ditaruh di depan rumah setiap hari. Tapi jika ini dirasa cukup mahal, tidak apa jika tidak membeli makanan khusus kucing atau anjing. Memberikan sisa makanan atau malah sengaja menyisihkan sedikit makanan untuk kucing atau anjing jalanan, bisa menjadi penggantinya. Meskipun cuma hewan jalanan, toh mereka juga ciptaan Tuhan yang bermanfaat. Di antaranya adalah mengusir keberadaan tikus yang kerap menjadi perantara penyakit.

6. Beli air mineral kemasan gelas lalu bagikan ke yang sedang berbuka puasa.

Air mineral dalam kemasan gelas tidaklah mahal. Cukup merogoh kocek sebesar Rp500 saja, lebih dari seteguk air segar bisa dinikmati. Cobalah kamu membeli sekardus dan bagikan pada pengendara untuk berbuka di jalan saat adzan maghrib terdengar. Niscaya pahalamu bertambah seiring terima kasih yang kamu dapat.

7. Isi dompet kebaikan

Uang receh yang didapat dari kembalian marketplace seperti shopeepay, bisa di masukan ke dompet kebaikan yang ada di aplikasi amalsholeh.com Memang tidak seberapa, tapi manfaatnya luar biasa bila digunakan di sedekah rutinnya di program kebaikan amalsholeh.com

Tak akan ada yang sia-sia dalam kebaikan yang telah dilakukan. Karena cinta bersedekah bukan tentang materi, tapi ini soal meresapi fitrah seorang manusia yang menjadi kemanusiaan, di mana ada rasa saling membutuhkan dan memberikan untuk orang-orang yang membutuhkan.

 

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close