Sedekah

Inilah Keutamaan Sedekah Subuh, Banyak Orang Yang Tidak Mengetahuinya

Ternyata sedekah subuh memiliki berbagai keutamaan yang tidak diketahui banyak orang. Yuk, simak penjelasannya di artikel ini.

Banyak amalan yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala dan kebaikan dari Allah Swt. Salah satunya adalah bersedekah. Sedekah terutama sedekah subuh merupakan ibadah yang memiliki banyak keutamaan.

Waktu sedekah bisa dimulai dari adzan subuh hingga matahari terbit. Sedekah pun tidak harus berupa uang. Anda bisa melakukan banyak hal, seperti membagikan makanan, berzikir, mengajar ngaji, hingga melakukan berbagai kegiatan sosial. Ingin tahu apa saja keutamaan bersedekah di saat subuh. Berikut penjelasannya.

1. Dilipatgandakan Harta

Keutamaan Sedekah Shubuh
sumber: pixabay.com

Keutamaan sedekah subuh yang pertama adalah dilipatgandakan hartanya. Saat hati ikhlas menyedekahkan hartanya, maka Allah akan memberikan balasan rezeki yang tak disangka-sangka. Dalam surah Al-Baqarah ayat 261, Allah berfirman,

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang dia kehendaki. Dan Allah maha luas (karunia-Nya) lagi maha mengetahui.”

Dari surah di atas disimpulkan bahwa bersedekah tidak akan pernah membuat seseorang menjadi miskin. Bahkan jika dilakukan secara rutin di subuh hari, rezeki akan datang menghampiri. Harta pun akan berlipat ganda.

2. Dihapus Dosa

Keutamaan Sedekah Shubuh
sumber: pixabay.com

Melakukan sedekah rutin di waktu subuh dapat menghapus dosa. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR. Tirmidzi, Rasulullah saw. bersabda,

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.

Jadi, jangan ragu untuk bersedekah di jalan Allah di saat orang masih tertidur. Insyaallah Allah akan mengampuni segala kesalahan dan dosa yang diperbuat.

3. Didoakan Malaikat

Keutamaan Sedekah Shubuh
sumber: pixabay.com

Ketika Anda bersedekah saat subuh, malaikat mendoakan kelapangan dan kemudahan dalam mendapatkan rezeki. Sebaliknya, Allah SWT. akan memberikan teguran berupa kebangkrutan dan rezeki yang sedikit kepada siapa saja yang tidak pernah berinfak dan menyedekahkan sebagian hartanya.

Rasulullah SAW. dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR. Bukhari & Muslim, bersabda”

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya.”

4. Diganjar Kebaikan

Keutamaan Sedekah Shubuh
sumber: pixabay.com

Keutamaan sedekah subuh selanjutnya adalah diganjar kebaikan oleh Allah taala. Tidak akan sia-sia harta ataupun perbuatan yang dilakukan saat bersedekah. Bahkan baik di Al-Qur’an maupun hadis tidak ada pernyataan yang menyebutkan sedekah dapat menyebabkan kemiskinan. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR. Muslim, Rasulullah SAW. bersabda, Allah SWT. menjanjikan kebaikan pada setiap sedekah yang dilakukan.

“Setiap amal manusia akan diganjar kebaikan semisalnya sampai 700 kali lipat.”

5. Menolak Malapetaka

Keutamaan Sedekah Shubuh
sumber: pixabay.com

Sebagai seorang muslim, berinfak dan bersedekah merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Allah SWT. memerintahkan untuk bersedekah karena sedekah akan membuat hidup lebih tenang dan terhindar dari malapetaka dan kemalangan. Bahkan sedekah juga bisa mencegah dari akhir buruk (suul khatimah). Dalam hadis yang diriwayatkan HR. Tirmidzi, Rasulullah SAW. bersabda,

“Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.”

Inilah beberapa keutamaan sedekah subuh. Bersedekah tidak harus dengan uang. Anda bisa melakukan perbuatan baik di saat fajar. Mulailah bersedekah secara rutin saat subuh dan lakukan dengan ikhlas. Allah akan menghapus segala dosa, menjauhkan diri Anda dari kemalangan, dan melipatgandakan rezeki.

Related Articles

Leave a Reply

Back to top button
Close