Infak

Keutamaan Pemberian Infaq Kepada Orang Tua dalam Islam

Infak adalah pemberian sukarela demi tujuan kebaikan. Tidak hanya untuk para kaum dhuafa, infaq kepada orang tua juga merupakan salah satu keutamaan.

Infak merupakan pemberian harta atau hal lainnya kepada orang lain dengan tujuan yang baik. Infak dapat diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan, tetapi yang paling utama adalah infaq kepada orang tua.

Sebelum masuk ke alasan mengapa infaq ke orang tua itu penting, di dalam ajaran Islam, terdapat dua jenis infak:

1. Infak Wajib

Infak wajib merupakan infak yang harus diberikan kepada orang-orang tertentu sesuai dengan syariat Islam, seperti istri dan anak misalnya.

Infak wajib juga harus diberikan kepada orang tua apabila mereka benar-benar kekurangan.

2. Infak Sunah

Infak sunah merupakan infak yang diberikan dengan kerelaan untuk meringankan beban orang lain atau untuk hal bermanfaat lainnya.

Infak merupakan pemberian di luar zakat, sehingga dengan memberikannya, kewajiban berzakat kita belum luntur.

Kembali kepada pembahasan awal, infak bisa diberikan kepada siapa saja yang membutuhkan, tetapi yang utama adalah infak kepada orang tua. Berikut adalah beberapa alasan keutamaan dari hal tersebut:

1. Orang Tua adalah Keluarga Terdekat

Islam menghimbau kepada para umatnya untuk menggunakan skala prioritas pada saat berderma. Jika di dekat kita masih ada orang yang membutuhkan, kita sebaiknya mengalokasikan infak, sedekah, dan zakat kepada mereka.

Orang-orang terdekat bisa merupakan tetangga, saudara, dan juga orang tua. Untuk itu, apabila orang tua betul-betul membutuhkan, kita sebagai anak wajib untuk memberikan infak, sedekah, bahkan zakat kepada mereka.

2. Orang Tua Sudah Renta

Mereka yang renta dan lanjut usia wajib diurus oleh mereka yang lebih muda. Pasalnya, para orang tua sudah tidak memiliki fisik yang sehat untuk bekerja.

Memberikan infak kepada orang tua merupakan salah satu cara untuk mengurus orang tua. Infak yang kita berikan kepada orang tua dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan menyambung hidup.

Apabila Anda adalah seorang pria dan telah memiliki istri, infak kepada orang tua dapat ditunaikan setelah Anda benar-benar memenuhi kewajiban nafkah kepada pasangan. Pastikan bahwa istri Anda betul-betul ikhlas terhadap hal tersebut.

3. Bentuk Bakti Kepada Orang Tua

Islam mewajibkan kita untuk berbakti kepada orang tua, terutama kepada ibu.  Bentuk bakti kepada orang tua adalah dengan memberikan infak. Orang tua yang baik tidak pernah mengungkit apa yang telah mereka berikan kepada anak mereka dan anak yang baik paham bagaimana cara berterima kasih kepada orang tua, salah satunya adalah membantu mereka memenuhi kebutuhan di usia senja.

Seperti Apa Infak Kepada Orang Tua?

Memberikan uang bulanan secara rutin kepada orang tua bisa menjadi salah satu jenis infak. Namun, infak tidak hanya terbatas pada pemberian uang saja.

Merawat orang tua yang sakit dengan tenaga juga merupakan infak dalam bentuk pengabdian. Hal tersebut bahkan sudah menjadi kewajiban yang tidak dapat ditinggalkan. Memberikan makan dan merenovasi hunian juga merupakan jenis-jenis infak.

Infak tidak memiliki aturan jumlah seperti zakat, untuk itu, jumlahnya pun tidak dibatasi ataupun ditetapkan. Selama tidak memberatkan dan sudah menunaikan kewajiban lain seperti utang, zakat, dan nafkah kepada anak dan istri, Anda bisa memberikan infak tanpa ada batasan kepada orang tua.

Itulah beberapa hal perlu Anda ketahui mengenai infaq kepada orang tua. Ada banyak manfaat dan berkah infaq kepada orang tua. Hal tersebut bahkan menjadi kewajiban jika orang tua berada di dalam kondisi sakit atau kurang mampu. Untuk itu, sebagai anak, Anda harus peka terhadap kebutuhan orang tua.

 

Leave a Reply

Back to top button
Close